RaimunaBOGOR TODAY – Kwarting Cabang (Kwarcab) Kota Bogor melalui Dewan Kerja Kwartil menggelar Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016 pada Rabu (27/7/2016) di Lapangan Su­murwangi Lamping, Kelura­han Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor ke­marin.

Gelaran lima tahunan ini diresmikan langsung Ketua Kwarting Cabang Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat pada hari Minggu lalu. Alhasil, seban­yak 530 peserta pramuka dari Kontingen Kwartil Ranting enam kecamatan se-Kota Bo­gor mengikuti Raimuna Ca­bang V, mulai Rabu-Minggu, 27/31 Juli 2016.

Ketua Panitia Chairul Anam mengatakan, Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016 merupakan program prioritas Kwarcab Kota Bogor bagi Golongan Pramuka Penegak dan Pan­dega yang hanya diselenggara­kan satu kali dalam masa bakti kwartil.

Tujuannya tak sekedar men­jalin silahturahmi namun juga meningkatkan kemampuan serta keterampilan anggota pramuka penegak dan pan­dega. Pada kegiatan Raimuna Cabang V ini akan digelar berb­agai kegiatan unggulan. Sebut saja Giat Kesakaan, Giat Keter­ampilan, Giat Siaga Bencana, Giat Wawasan dan Wisata, Giat Prestasi dan Giat Bindamping. “Jumlah pesertanya sebetul­nya belum memenuhi target harapan sebanyak 768 orang,” ujar Chairul.

Ketua Pembina Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, Raimuna ini hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup oleh anggota penegak dan pandega. Meski begitu, panitia sudah memper­siapkan Raimuna ini dengan sangat khusus dan matang baik secara kuantitas dan kualitas.

Arti dari kata Raimuna sendiri berasal dari bahasa Papua yang berarti pertemuan terbesar bagi anggota pramu­ka. Dari Raimuna anggota dapat meningkatkan semangat juang, berkarya dan melang­kah kedepan untuk berperan aktif dalam pembangunan Kota Bogor. Hal tersebut tidak terlepas dari materi kegiatan pramuka yang mencakup edu­kasi, kreatifitas, inovasi, tang­gung jawab sekaligus mem­bentuk kebersamaan di Kota Bogor.

“Saya harap pramuka bisa memberi motivasi dan kesan positif kepada masyarakat den­gan berprilaku santun, meme­lihara sanitasi agar semua keg­iatan berjalan baik,” jelas Ade.

Sementara itu, salah satu anggota pramuka Kwartil Bo­gor Timur, Abdulah Hasan mengatakan, acara ini bagus untuk menambah jaringan pertemanan, wawasan dan pengalaman sembari menge­tahui lebih dalam kegiatan Rai­muna Cabang V. Siswa kelas XII MAN 2 Kota Bogor ini juga menyukai pramuka karena ada kebersamaan, kekompakan dan kekeluarga yang tidak ada di ekstrakulikuler lain.

“Harapan saya kegiatan ini bisa sukses, pramuka lebih maju dan generasi mudanya berperan aktif dalam pemban­gunan Indonesia,” pungkas Abdulah. (Abdul Kadir Ba­salamah)

loading...