JAKARTA TODAY- Sekitar 6.400 pasukan Brigade Mobil (Brimob) dari berbagai daerah akan dikerahkan untuk membantu pengamanan di Jakarta pada Sabtu (20/5). Berdasarkan Surat Telegram Kapolri kepada Komandan Korps Brimob Polri dan 21 kepala kepolisan daerah, Senin (15/5), disebutkan bahwa pergeseran pasukan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi konflik di Jakarta. Dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa pasukan sudah tiba di Jakarta pada Jumat (19/5).

Saat dikonfirmasi, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan pergeseran pasukan merupakan hal yang biasa dilakukan. Menurut dia, langkah tersebut merupakan prosedur yang kerap dilaksanakan bila suatu wilayah membutuhkan bantuan personel pengamanan. “Itu hal biasa buat prosedur tetap. Kalau di Jakarta perlu bantuan yang akan dilakukan seperti itu,” kata Setyo saat dihubungi, Rabu (17/5).

Saat ditanya terkait aksi yang akan berlangsung di Jakarta pada Sabtu (20/5), Setyo mengaku belum mengetahui. Dia hanya mengatakan kepolisian akan terus memantau perkembangan situasi dan siap untuk melakukan pengamanan. Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan belum menerima surat pemberitahuan terkait aksi unjuk rasa yang akan diselenggarakan pada (20/5). “Belum ada pemberitahuan,” ucapnya. (Yuska Apitya)

loading...