BOGOR TODAY – Saat musim hujan atau perubahan musim, banyak orang yang mengalami influenza, yang biasanya disertai dengan pilek. Virus pun bertebaran dan dengan mudahnya kita tertular bila sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat Anda sedang pilek :

  1. Sup Ayam Anti-Inflamasi

Makan semangkuk sup ayam memberikan lebih dari sekadar kenyamanan ketika Anda menderita pilek.

Pada tahun 2000, peneliti Universitas Nebraska Dr. Stephen Rennard menerbitkan temuan di Chest, jurnal American College of Chest Physicians, menunjukkan bahwa sup ayam mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala pilek.

Mulailah dengan semanguk ayam. Penelitian memang belum menunjukkan cara kerjanya, tetapi kita tahu bahwa diet kaya nutrisi membangun sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan.

  1. Susu dan Vitamin D

Makanan yang kaya akan vitamin D seperti susu atau sereal yang diperkaya bisa membantu melawan flu.

Sebuah penelitian tahun 2009 oleh Rumah Sakit Umum Massachusetts, menemukan bahwa mereka dengan kadar vitamin D yang rendah dilaporkan lebih banyak mengalami masuk angin daripada yang tidak kekurangan vitamin D.

Makanan ini juga dapat membantu meningkatkan mood selama bulan-bulan di musim penghujan, menurut para peneliti di Loyola University.

  1. Wortel dan Vitamin A

Semua vitamin penting untuk tubuh yang sehat, tetapi Harvard Medical School mengatakan bahwa vitamin A adalah pemain kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Ketika Anda masuk angin, cobalah makan ubi jalar, wortel, labu, bayam, atau sawi hijau.

  1. Teh Hijau Anti-Oksidan

Teh hijau sarat dengan antioksidan, yang akan meningkatkan sistem kekebalan Anda bahkan ketika Anda sakit.

Teh hijau juga dapat membantu meredakan gejala yang sering kali datang bersama selesma, seperti sakit tenggorokan.

Alih-alih menyeruput dari cangkir panas, Dr. Michael Greger menyarankan menyeduhnya dengan air dingin, karena kadar antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan saat dibuat dengan air mendidih.

  1. Bawang Putih dan Kekebalan Tubuh

Bawang putih ditemukan dapat membantu mencegah masuk angin ketika dikonsumsi secara teratur, karena senyawa allicin yang meningkatkan kekebalan tubuh, jelas Donna Cardillo, RN. Makanlah lebih banyak bawang putih saat Anda masuk angin, atau cobalah makan mentah dengan ditambah jus jeruk.

  1. Blueberry Kaya Anti-Oksidan

Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa blueberry mengandung antioksidan paling banyak daripada buah segar lainnya, yang seharusnya membantu mengeluarkan ingus. Makanlah blueberry ketika sedang pilek, atau taburkan pada semangkuk sereal atau yogurt untuk menambahkan vitamin D.

  1. Teh Peppermint

Teh dari daun peppermint menyejukkan ketika kita mengalami sesak napas, terutama minuman dengan ekspektoran alami seperti biji adas manis.

  1. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan berminyak, seperti salmon dan tuna, juga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika Anda masuk angin, untuk memanfaatkan asam lemak omega-3nya. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat mencegah sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

 

 

loading...