BOGOR TODAY – Kabar baik untuk warga Kota Bogor, khususnya pelanggan PDAM Tirta Pakuan di wilayah Kecamatan Bogor Utara dan Timur. Perusahaan layanan air bersih milik Pemerintah Kota Bogor ini melakukan uji coba Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Katulampa kapasitas 300 liter perdetik.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya mengatakan, uji coba ini untuk memastikan keseluruhan sistem dari pengambilan air baku, pipa transmisi, instalasi pengolahan air, reservoir hingga distribusi ke pelanggan.

“Seluruh rangkaian persiapan sudah kita lakukan sejak pekan lalu. Alhamdulillah semuanya memuaskan. Tinggal diujialirkan saja ke pelanggan,” ujar Deni, Selasa (14/5/2019).

PDAM telah mendapat restu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengujicoba bangunan yang sebagian dibiayai pemerintah pusat ini. Pekan lalu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga bersama Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Agus Ahyar meninjau kesiapan ujicoba SPAM Katulampa di Desa Cibanon Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Jelang uji coba, PDAM menyelesaikan pemasangan pipa distribusi utama HDPE 1000 mm di dekat jembatan tol Bocimi. Departemen Produksi menyiapkan personil yang sudah bisa bekerja 24 jam, juga kesiapan zat kimia dan membersihkan bak prasedimentasi. Sementara tim dari Departemen NRW & Trandis sudah memeriksa jaringan pipa distribusi, memeriksa valve-valve, wash out, pemasangan  pressure reducing valve (PRV)  dan menguras reservoir.

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Salasa malam, petugas dari Sub Departemen Pengaliran dan Jaringan mulai mengatur sistem distribusi air bersih di zona I dan III. Rencananya air dari Reservoir Cipaku 9000 M3 dan Rancamaya 5000 M3 akan disekat di beberapa titik agar tidak bersinggungan dengan air dari SPAM Katulampa.

“Dengan sistem yang telah kami atur, insya Allah selama ujialir tidak akan terjadi gangguan pengaliran. Gangguan akan terjadi pada kualitas air, karena akan sedikit keruh akibat tekanan air yang sangat tinggi di pelanggan. Untuk mengantisipasinya, kami akan melakukan flushing (pengurasan) melalui scour dan wash out,” papar Deni.

SPAM Katulampa menjadi solusi untuk meminimalisir gangguan pasokan air bersih di Kota Bogor. Dari pengolahan ini, air akan didistribusikan ke wilayah Cimahpar, Tanah Baru (Bogor Utara), serta Katulampa dan Baranang Siang (Bogor Timur). Total ada 18.148 sambungan rumah (SR) yang dilayani SPAM Katulampa.

BACA JUGA :  Kecelakaan Avanza di Garut Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

Sementara distribusi eksisting ke wilayah Cimahpar dan Tanah Baru dari IPA Cipaku dan Dekeng, selanjutkan akan dialihkan ke wilayah kritis seperti Cimanggu dan Bogor Barat dari Pasir Kuda, Gunung Batu, hingga Bubulak dan Balumbang Jaya. (*)

 

INFOGRAFIS SPAM KATULAMPA

SPAM KATULAMPA, SOLUSI PERMANEN GANGGUAN PASOKAN AIR BERSIH PDAM KOTA BOGOR

Tujuan :

-  Penambahan kapasitas produksi 300 liter per detik (dari kapasitas total 600 liter perdetik)

-  Mengatasi gangguan pelayanan di sebagian zona 1, 3 dan 4

Struktur SPAM :

-  Intake (Desa Pasir Angin Kab Bogor)

-  Bangunan Prased (Desa Pasir Angin Kab Bogor)

-  Pipa Transmisi air baku Steel 700 mm sepanjang xxxx meter (Desa Pasir Angin ke Desa Cibanon)

-  WTP/IPA 300 liter perdetik (Desa Cibanon)

============================================================
============================================================
============================================================