CIBINONG TODAY – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor memberikan peringatan dini akan datangnya penyakit di musim kemarau saat ini. Terlebih kemarau diprediksi akan berlangsung cukup lama, hingga November mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan  Lingkungan (P2PKL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Agus Fauzi menyebut, ada beberapa penyakit yang biasa muncul ketika kurangnya pasokan air bersih.

Seperti diare, infeksi kulit, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Hepatitis, Demam Berdarah Deungeu (DBD) dan Chikungunya.

Beberapa penyakit tersebut menurutnya harus ditangani dengan baik dan benar agar tidak semakin parah. Sebab, seperti diare dan ISPA berpotensi menyebabkan kematian.

“Contohnya diare, kalau tidak cepat ditangani bisa jadi dehidrasi dan bisa meninggal. Sama seperti ISPA, kalau sesaknya hebat dia juga dapat menyebabkan kematian,” ungkap Agus kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Agus pun mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatannya. Terutama pola makan yang dianjurkan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar sistem kekebalan tubuh (immune) tetap terjaga walau sedang menghadapi cuaca ekstrim.

Selain itu, sambung Agus, kebersihan lingkungan juga harus menjadi prioritas, dengan cara melakukan kerja bakti agar tidak ada tumpukkan sampah yang merupakan sumber bakteri penyebab penyakit.

“Jika ada keluhan sakit seperti diare, ISPA dan lain sebagainya segela melakukan berobat ke puskesmas terdekat, klinik atau pun dokter,” tegasnya.