Untitled-1Kota Bogor telah berhasil mendapatkan gelar The Most Lovable City 2016 dari ajang dunia We Love Cities. Merayakan kemenan­gan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan memban­gun simbol tertentu sebagai tanda penobatan.

“PEMERINTAH Kota Bogor akan mendiri­kan Tugu Cinta sebagai tanda penobatan Kota Bogor menjadi kota yang paling dicin­tai oleh warganya sedunia,” kata Walikota Bogor Bima Arya, Kamis (14/7/2016).

Dia menyatakan lokasi penempatan Tugu Cinta masih dalam proses pengkajian. Namun, salah satu alternatifnya, tugu tersebut akan dibangun di taman yang ada di Kota Bogor. Ia menegaskan tugu Cinta tak hanya sekadar dibuat sebagai perayaan gelar tersebut.

“Tidak hanya sekadar perayaan kemenangan, tapi semangatnya harus menyatu dengan pembangunan Kota Bogor dan kampanye ini ha­rus berlanjut sampai setahun ke depan,” ungkap Bima.

Ia juga meminta setiap kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Bogor tetap meng­kampanyekan semangat We Love Cities dengan menyen­tuh semua aspek. Tidak dengan slogan kosong, lanjut Bima, tapi harus memiliki makna penuh cinta secara mendalam yang ingin disebar­kan kepada warga Kota Bogor dan masyarakat luas.

Kota Bogor bersaing den­gan 45 kota dari 21 negara lainnya untuk memperebut­kan gelar The Most Lovable City 2016 dari ajang yang dibuat oleh Organisasi World Wide Fund (WWF). Ada dua kota di Indonesia yang mengi­kuti ajang tersebut selain Kota Bogor, yaitu Balikpapan dan Jakarta.

Kota Bogor dianggap memfokuskan program keber­lanjutannya pada efisiensi en­ergi dan pelestarian sumber daya. Ke depan, Kota Bogor siap menjadi kota yang diper­hitungkan.

Sebelumnya, Kota Bogor masuk menjadi salah satu kota dalam ajang nominasi We Love Cities 2016 yang di­inisiasi Organisasi World Wide Fund (WWF) for Nature beker­ja sama dengan ICLEI. Terpili­hnya Kota Bogor di ajang Kam­panye Global We Love Cities 2016 atas komitmen Kota Bogor dalam pembangunan berkelanjutan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Selamet Daroini, Project Officer ICLEI di launching We Love Cities 2016 mengatakan, komitmen Kota Bogor terlihat dari keseriusan Kota Bogor didukung dengan data yang lengkap. Apalagi Kota Bogor sudah memiliki Rencana Pem­bangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ramah ling­kungan. Sehingga dari enam kota di Indonesia, terpilih tiga kota yang masuk nominasi, yakni Jakarta, Balikpapan, dan Kota Bogor. “Kota Bogor ke depan akan menjadi kota layak huni yang menjadi im­pian warganya,” ujar Selamet.

Kota Bogor berhasil me­nyabet juara tersebut melalui vote yang dikampanyekan Walikota Bogor Bima Arya Su­giarto bersama jajaran muspi­da kepada masyarakat di Kota Bogor. Gigihnya perjuangan Bima ini pun berbuah hasil manis. Sebanyak 124.000 ins­tagram masuk.(Yuska Apitya Aji/ed:Mina)

 

loading...