Francesco-Totti---FootyRendersPERHATIAN penikmat Serie A akan tertuju ke ibu kota Italia pada akhir pekanini. Derby della Capitale antara AS Roma dan Lazio menjadi laga paling menarik untuk disimak di giornata 12

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Terlepas dari posisi kedua tim di papan klasemen, laga derby Roma selalu berlang­sung sengit, baik di dalam maupun di luar lapangan. Derby ini dikenal lebih panas daripada derby-derby lainnya di Negeri Pizza, seperti Derby della Mole antara Juventus dan Torino atau Derby della Madonnina antara AC Milan dan Inter Milan.

Pada pertemuan terakhir, bulan Mei lalu, kedua tim berebut tiket lolos otomatis ke Liga Champions. Roma akh­irnya jadi tim yang tertawa di akhir pertandingan setelah menang tipis 2-1.

Roma dan Lazio akan kembali berduel di Olimpico pada Minggu (8/11/2015) men­datang. Kedua tim saat ini tak terpisah jauh di klasemen Se­rie A. Roma menempati posisi ketiga dengan 23 poin dari 11 laga, sedangkan Lazio duduk di posisi ketujuh dengan 18 poin.

Roma dan Lazio sama-sama menelan kekalahan dari tim Kota Milan di laga Serie A terakhirnya. Giallorossi dika­lahkan Inter 0-1 di kandang la­wan, sementara Biancocelesti menyerah 1-3 saat menjamu Milan. Akan tetapi, Roma langsung bangkit dengan mengalahkan Bayer Leverku­sen 3-2 di ajang Liga Cham­pions. Adapun Lazio baru akan bertanding pada Jumat (6/11/2015) dinihari WIB den­gan menghadapi Rosenborg di Liga Europa.

Di sepanjang sejarah Serie A, Roma dan Lazio sudah 143 kali berhadapan. Untuk se­mentara Roma masih unggul head-to-head dengan catatan 50 kali menang.

Lazio menang 36 kali, sedangkan 57 laga lainnya berakhir seri. Dalam lima pertemuan terakhir di Serie A, Lazio tak pernah menang. Tapi, Roma juga cuma menang dua kali.

Pada pertandingan lain­nya di giornata 12, pimpinan klasemen Fiorentina akan bertandang ke markas Samp­doria. La Viola tak boleh ke­hilangan poin karena posisi mereka sangat rawan direbut oleh Inter, yang menempati posisi kedua dan punya jum­lah poin sama.

Akan tetapi, Inter juga akan mengadapi lawan yang tidak mudah pada akhir pe­kan ini. Nerazzurri akan mela­wan Torino di kandang lawan. Sementara itu, juara bertahan Juventus punya peluang un­tuk meneruskan kebangki­tannya di Serie A. Bianconeri akan dijamu Empoli di Stadio Carlo Castellani.

loading...