JAKARTA TODAY – Tahu merupakan sumber protein yang disukai banyak orang karena berasa enak dan harganya pun murah. Bahan pangan yang terbuat dari kacang kedelai ini tak hanya cocok dijadikan teman makan nasi, tapi juga nikmat dicamil.

Nah, kalau Anda memang suka makan tahu dan mau mengolahnya sendiri di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan agar olahan Anda itu tampil dengan hasil akhir yang sempurna. Apalagi sebagian besar tahu memiliki tekstur yang lembut sehingga akan mudah hancur saat diolah.

Seperti yang dikutip dari sindonews.com, Buat Anda yang ingin mengolah tahu menjadi hidangan apa saja, berikut tipsnya agar panganan yang dihasilkan tidak gagal.

1. Tahu yang akan dihancurkan, misalnya untuk dibuat perkedel, harus yang tidak terlalu lembut. Tahu yang lembut terlalu banyak airnya, sehingga tidak bagus untuk dibuat perkedel.

2. Menggoreng tahu harus di dalam minyak panas supaya warnanya cantik, merata, dan kulitnya tidak keras setelah dingin.

3. Lama menggoreng tahu disesuaikan dengan ukuran tahu. Makin kecil, makin sebentar memasaknya. Sebaliknya, makin besar ukuran tahu, maka semakin lama pula waktu untuk menggorengnya.

4. Menggoreng tahu harus sambil diaduk supaya warnanya merata.

5. Tahu goreng berkulit cokelat yang dibeli di pasar harus diseduh dulu sebelum diolah. Air seduhannya boleh ditambahkan sedikit garam supaya terasa gurih. Setelah agak dingin, baru diperas.

6. Tahu kukus yang ingin diisi juga harus dibuat dari tahu yang tidak bertekstur lembut.(Selvi/PKL/net)