Untitled-9

BOGOR, Today – Banyak manfaat yang didapat dengan had­irnya koperasi di tengah-tengah masyarakat ataupun komu­nitas. Melihat itu, Pimpinan Perusahaan surat kabar harian BOGOR TODAY, Alfian Mujani, mengajak para ujung tombak penjualan koran, yakni agen dan pengasong untuk aktif ber­organisasi dengan mendirikan koperasi.

Ya, koperasi merupakan satu pilar perekonomian di ten­gah masyarakat. Koperasi dengan asas kekeluargaan dan go­tong royong mampu meningkatkan kesejahteraan dan kuali­tas hidup seluruh anggota dan lingkungan kerja.

“Kita harus bicara masa depan keagenan koran dengan menghidupkan koperasi. Sebetulnya, dulu pernah dibentuk namun tidak berjalan baik. Dengan koperasi agen akan me­miliki bargaining position yang kuat baik terhadap penerbit maupun lembaga lain. Kalau tidak bersatu, maka agen akan selalu menjadi pihak yang kalah ketika berhadapan dengan penerbit,” ungkap Alfian di sela gathering agen koran se-Bo­gor Raya di Manjabal Resto, Kamis (4/6/2015).

Selain itu, jika agen memiliki koperasi bisa menafaatkan dana-dana bantuan pemerintah melalui jalur Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM)

Ia menambahkan, BOGOR TODAY siap memfasilitasi den­gan memberikan bimbingan dan arahan terhadap agen ko­ran. “Nanti BOGOR TODAY akan mendatangkan trainer un­tuk memberikan pelatihan kepada agen. Selain soal koperasi, juga akan diberikan materi soal tantangan ke depannya. Mis­alnya, mengubah strategi dalam berjualan koran, apalagi di era pasar bebas ini,” terangnya.

Saat ini, lanjut dia, agen masih menerapkan penjua­lan koran secara kovensional. “Dari dulu hingga sekarang pola berjualan korannya ya seperti itu-itu saja. Sementara prilaku pembacanya sudah berubah. Harus ada inovasi. Setelah Lebaran mungkin kami lakukan pelatihan bersa­ma,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan agen koran dari Anam Agency, Khoirul Anam, menyambut baik niatan Alfian Mujani dalam mendorong pembentukan koperasi agen dan pengasong koran. “Saya dan rekan-rekan agen serta pengasong sangat setuju kalau koperasi agen didirikan kembali karena itu san­gat mendukung untuk kemajuan agen-agen di Bogor,” ujar Anam.

Dia juga menambahkan, acara silaturahmi seperti ini ba­gus dan untuk ke depannya dia berharap acara-acara seperti ini sering dilakukan. “Bukan sekedar mengakrabkan antara jajaran BOGOR TODAY dengan agen, tetapi antar sesama agen juga. Pimpinan koran lain belum pernah turun langsung menyapa atau berdiskusi dengan kami. Saya rasa ini bagus,” pungkasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)