CIBINONG TODAY – Kepiawaian Titin warga Desa Gadog, Kecamatan Megamendung , Kabupaten Bogor dalam mengolah daun singkong menjadi dendeng kaya akan gizi patut di acungi jempol.

Dendeng yang dibuatnya sangat berbeda dengan dendeng pada umumnya. Pasalnya dendeng buatannya menggunakan bahan baku dari daun singkong.

Titin mengatakan, dalam memasyarakatkan makan sayur perlu inovasi, agar varian nya tidak terlalu monoton, salah satunya dengan membuat dendeng daun singkong.

Titin Pemilik Usaha Keripik Dendeng Daun Singkong

” Dalm pengolahan nya yang kita tahu daun singkong hanya di sajikan dalam bentuk sayuran maupun lalapan, tapi disini saya ingin menampilkan hal yang beda dengan membuat dendeng daun singkong, sekaligus ide saya juga untuk memasyarakatkan makan sayur terkhusus daun singkong,” jelas nya kepada Bogor Today, pada acara gebyar temu 1001 UMKM se-kabupaten Bogor, di gedung tegar beriman, Selasa (5/11/2019) lalu.

Titin juga bercerita modal awal untuk membuka usahanya itu hanya Rp. 2 juta, namun omzet yang di dapat perbulannya bisa mencapai Rp. 4-5 jutaan.

” keuntungannya, cukup untuk menutupi modal awal dan bahan baku yang nanti di beli,” lanjut Titin.

Ia menambahkan, sejak tahun 2013 dia membuka usaha tersebut dengan di bantu 2 karyawan yang membantu dalam pembuatan dendeng itu sendiri.

” Dari tahun 2013 memang saya hanya mempunyai 2 karyawan karena juga ini bisnis rumahan. Untuk gaji perkaryawan Rp. 600 ribu, jadi sedang lah,” Imbuh Titin.

Dendeng buatannya ini di bandrol dengan harga Rp. 15 ribu per kemasannya.

Dirinya berharap, semoga sayur bisa jadi komoditas yang bisa bersaing di pasaran kabupaten khususnya daun singkong itu sendiri. (Carfine/PKL)

loading...