HLPolsubsektor Bandara Soekarno-Hatta menangkap seorang polisi gadungan berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) berseragam lengkap di Terminal 2 D Kedatangan Luar Negeri Bandara Soetta, Selasa (3/11/2015) malam.

Oleh :Rishad Noviansyah|Yuska
[email protected]

AKBP gadungan itu berinisial DES (47), warga Gunung Pu­tri, Kabupaten Bo­gor yang diduga telah mengenakan seragam dan atribut AKBP dan identitas palsu.

“Telah diamankan seorang laki-laki berinisial DES, warga Gunung Putri yang diduga menggunakan seragam dan identas palsu Polri,” ujar Ka­bid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, Rabu (4/11/2015).

Selain mengenakan atribut Polri, kata Iqbal, saat penggele­dahan ditemukan satu lembar Kartu Tanda Anggota (KTA) Polri abal-abal.

“Ada dua lembar KTP diduga asli, namun data yang ada pada KTP diduga tidak benar. Kemu­dian, dua Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang diduga tidak benar atau dipalsukan,” ungkapnya.

Pelaku ditangkap petugas, setelah memaksa masuk ke area kedatangan Terminal 2 D Ban­dara Internasional itu.

Sebenarnya pelaku beren­cana menjemput keluarganya yang datang dari Perth, Australia yang menumpang pesawat Ga­ruda (GA-725). Keluarganya di­jadwalkan tiba pukul 21.25 WIB.

Tetapi, pelaku masuk area kedatangan melalui pintu keluar pada saat petugas Avitiaton Se­curity (Avsec) serah terima jaga.

Setelah sampai di area tran­ferdes, pelaku ditanya oleh seku­riti namun pelaku tidak menjaw­ab malah tertawa.

Tak lama kemudian, datang anggota Polresta Bandara Soek­arno-Hatta, Bripka Dahmirul. Selanjutnya petugas mengham­piri DES yang pada saat itu ber­pakaian dinas lengkap.

Pada saat ditanya, DES terlihat gugup dan mencurigakan sehing­ga meragukan kalau yang ber­sangkutan benar anggota polisi.

Melihat gelagat seperti itu, Bripka Mirul melaporkan ke Provost Polres Bandara Soetta. Setelah datang petugas Provost, pelaku diamankan dan dibawa ke Polres Bandara Soetta guna dilakukan pemeriksaan.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol Aszhari Kurniawan mengatakan, DES ditangkap pada Selasa (3/11) malam kemarin.

“Yang bersangkutan men­genakan seragam berpangkat AKBP dan ngakunya tugas di Polda Metro Jaya. Kecurigaan juga berawal dari HT kok aneh HT-nya. Saat ditanya, izin, ko­mandan dari satuan mana? Dia jawab bertugas di bagian SDM Polda Metro Jaya,” jelas Kasat.

Namun, ketika DES yang mengaku dari lulusan Akpol itu terus dites dengan menyebutkan salah satu pimpinannya yang juga lulusan Akpol dari angkatan yang sama.

Pertanyaan itu dijawab ke­liru oleh DES. Setelah merasa yakin, DES dibawa ke Polresta Bandara Soetta untuk diperiksa lebih lanjut.

Kini warga Kota Wisata Ja­lan Pesona Kyoto Raya Blok D3 No-6, Kelurahan Ciangsana, Ke­camatan Gunung Putri, Bogor itu telah ditahan petugas Polres Metro Bandara Soetta. (*)