CIBINONG TODAY – Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) yang akan diselenggarakan tanggal 3 November mendatang di Kabupaten Bogor, mencapai 2.120.488 pemilih.

Anggaran sebesar Rp32 miliar yang digunakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 3 November 2019, nampaknya tak akan mencukupi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengatakan, DPT tersebut adalah jumlah yang diplot ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang telah dianggarkan.

“Jadi 2.120.488 pemilih itu yang dicover APBD. Kalau untuk tambahan jumlah DPT yang masuk nanti itu akan dicover oleh APBDes,” kata Ade Jaya kepada wartawan, Rabu (16/10/2019).

Namun, Ade Jaya belum bisa memprediksi berapa jumlah tambahan DPT yang masuk hingga Pilkades diselenggarakan nanti.

“Yang jelas nanti akan ada hitung-hitungannya. Nanti itu dari panitia pengajuannya berapa. Yang dikonsultasikan bersama kades dan BPD. Kemudian dievaluasi oleh camat,” jelasnya.

Hitung-hitungan anggaran akan disesuaikan dengan jumlah penambahan DPT. Yakni satu per kepala Rp15 ribu.

“Misal ada 200 ribuan orang tambahannya, berarti tinggal dikalikan saja Rp15 ribu kali 200 ribu orang. Yang jelas untuk tambahan itu dari APBDes,” tandasnya. (Firdaus)

loading...