BOGOR TODAY – Mengantisipasi lonjakan kendaraan menuju Puncak saat libur panjang akhir pekan, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor diberlakukan sistem satu arah (one way), Jumat (21/8/2020).

Dalam keterangan tertulisnya, Kasat Lantas, Polres Bogor AKP Fitra Zuanda menjelaskan one way diberlakukan meski kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak dalam kondisi lancar. Dia menambahkan one way diterapkan dari pagi ini agar kendaraan yang datang dari Jakarta untuk menuju Puncak Pas tidak menumpuk.

“(One way dari Simpang Gadog ke Puncak Pas dilakukan) karena kendaraan dari bawah lebih banyak daripada yang ke atas. Jadi kendaraan dari Jakarta menuju Cianjur lebih banyak, makanya kita berlakukan one way dari bawah supaya untuk menguras. Sekarang lagi one way dari bawah ke atas,” ungkapnya.

Lanjut AKP Fitra, pemberlakuan one way ini situasional. Dia mengatakan puncak wisatawan yang datang ke kawasan Puncak diprediksi terjadi hari ini dan kemarin.

Kemarin, sambung Fitra, jumlah kendaraan yang memasuki kawasan Puncak meningkat 10 persen dibanding pada hari normal.

“Jadi puncak wisatawan yang menuju ke Puncak itu kemarin dan hari ini. Puncakcrowded itu hari Sabtu. (Sementara) puncak arus balik hari Minggu,” imbuh Fitra. (Bambang Supriyadi)