Untitled-3Para guru dan pelajar SMK dan SMP Pandutama Kota Bo­gor tampak sangat terhibur ketika Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono memberikan edukasi tentang pent­ingnya menanam pohon.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Ini acara asyik yang sangat istimewa dan jarang ter­jadi,’’ kata Kepala SMK Pandutama Hetty Triwandini SH pada acara tanam pohon bersama Bogor Hejo surat kabar Bogor Today dan RAPI, di Jalan Pandu Raya, Kota Bogor, Kamis (18/2/2016).

Proses edukasi yang dilakukan Heri Cahyono dan Tim Bogor Hejo menggunakan metode kuis. Pohon-pohon buah yang akan ditanam ditunjukkan kepada para pelajar dan guru-guru untuk ditebak namanya. ‘’Metode ini kita pakai setelah kami menemu­kan fakta betapa banyaknya pelajar dan warga masyarakat yang sudah lupa dengan nama-nama pohon buah dan pohon tanaman keras,’’ kata Heri mengawali edukasinya.

Temuan Tim Bogor Hejo di beberapa sekolah, kelurahan, dan kawasan pemukiman selama melakukan penanaman pohon setiap hari, memang persentase yang tidak tahu nama-nama po­hon jauh lebih besar dibandingkan yang tahu. Ya kira-kira 70:30.

Karena itu, Heri Cahyono dan Pemimpin Redaksi Bogor To­day Alfian Mujani tak bosan-bosannya mengingatkan kembali nama-nama pohon yang akan ditanam di berbagai tempat, teru­tama di sekolah-sekolah. ‘’Ayo siapa yang tahu nama pohon ini,’’ teriak Heri sambil mengacungkan satu batang bibit pohon.

Beberapa siswa-siswi tampak mengacungkan tangannya dan diminta maju ke depan. Jika yang maju lebih dari dua orang, maka Heri minta mereka hompimpa dulu untuk menentukan siapa yang harus menebak nama pohon pertama. ‘’Hompimpa ini juga seka­ligus kita melestarikan cara pemungutan suara tradisional yang dilakukan anak-anak ketika hendak bermain,’’ ujar Heri.

Acarapun berlangsung seru dan gayeng karena pada pertan­yaan kedua anak-anak mulai berebut menjawab. Bahkan para guru dan Ketua Yayasan Pandutama H. Didi yang hadir di acara penanaman pohon ini ikut menebak nama pohon. H. Didi yang berhasil menebak nama pohon nangka dipersilakan memilih hadiah ada beras, tumbler, payung, tempat pinsil, buku, dan tas. ‘’Saya pilih ini aja untuk anak saya,’’ ujar H. Didi mengambil tem­pat minum untuk anak-anak, ‘’Ini untuk anak saya yang kecil,’’ terangnya.

Hadiah yang dibagikan pada acara penanaman pohon ini merupakan sumbangan dari para donatur diantaranya dari Linda Kristanti Nussy SH, dari BRI Cabang Dewi Sartika, H Untung W Maryono, H Rudi Jamaludin, dan Heri Cahyono.

Seperti biasa, sebelum acara edukasi dan tanam pohon dimulai, Alfian Mujani menjelaskan misi dari Bogor Hejo yang terus melakukan penanaman pohon setiap hari. ‘’Jangan berhenti menanam, anggaplah mena­nam pohon ini tugas dari langit dalam rangka menyelamatkan bumi yang makin panas,’’ katanya.