CIBINONG TODAY – Demi menjaga kestabilan harga kebutuhan bahan pokok di bulan Ramadan hingga menjelang lebaran nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bogor menggelar operasi pasar, di Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Selasa (14/5/2019).

Bupati Ade Yasin (AY) pun meyakini, operasi pasar ini akan mampu mengendalikan harga bahan pokok di pasaran.

“Karena kalau kita operasi pasar sering seperti ini, harga tidak akan alami kenaikan. Mereka (pedagang, red) juga takut kalau dinaikan,” kata Ade Yasin.

Dalam operasi pasar tersebut, beberapa kebutuhan pokok disediakan. Mulai dari bawang putih, beras, telur hingga minyak goreng yang saat ini menjadi permintaan tertinggi masyarakat.

Kata Ade Yasin, pemerintah menawarkan harga kebutuhan pokok jauh di bawah rata-rata harga di pasaran. Misalnya harga bawang dengan kualitas super yang dijual 50 persen lebih murah dibanding harga yang dijual di pasar saat ini.

“Memang tak semua harga turun lima puluh persen, ada yang hanya 20 persen hingga 30 persen seperti gula dan beras. Namun untuk bawang putih dan bawang merah, harga semula di pasaran yakni sebesar Rp40 ribu, dalam operasi pasar turun menjadi Rp22 ribu saja. Ini kan membantu sekali untuk masyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, dia menilai operasi pasar yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor dan dibantu Kementerian Pertanian (Kementan) ini, telah memberikan kebahagiaan kepada masyarakat di tengah kondisi beberapa harga komoditi mengalami kenaikan.

“Di bulan puasa ini tentunya uang belanja masyarakat lebih meningkat. Kasihan mereka, makannya operasi pasar seperti ini perlu dilakukan,” tandasnya. (Asep B)

loading...