BOGOR TODAY – Semenjak virus corona merebak ke penjuru dunia membuat cairan pencuci tangan antiseptik atau hand sanitizer menjadi kebutuhan penting di dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, perlu diketahui ternyata menggunakan hand sanitizer secara berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, apalagi di saat sebelum makan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bogor, Oki Kurniawan mengungkapkan, bahwa hand sanitizer itu sebetulnya digunakan dalam keadaan darurat atau tidak ada air sebagai pengganti cuci tangan.

Meski begitu, sambung Oki, hand sanitizer jangan selalu diandalkan, apalagi ketika hendak makan. Sebab, hand sanitizer ini memiliki zat kimia, yang bisa membahayakan. Lebih baik, kata dia, cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum makan.

“Saya khawatirnya jika ingin melakukan apa-apa, misalnya ingin makan pakai tangan terlebih dahulu menggunakan hand sanitizer, sedangkan hand sanitizer ini mengandung zat kimia. Jadi, lebih baik cuci tangan pakai air dan sabun,” kata Oki, Kamis (19/3).

Menurutnya, hand sanitizer itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. “Saat ini kan, wabah virus corona sudah masuk ke Kota Bogor, jadi sebagai antisipasinya menggunakan hand sanitizer. Selain itu, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta melakukan penyemprotan disinfektan,” tandasnya. (Heri)

loading...