IMG-20160717-WA0045MUNGKIN ini salah satu cara menyambut kehadiran murid baru yang menarik dan sangat baik untuk dijadikan model pembangunan karakter. Namanya ‘’Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama)’’ di MAN 1 Bogor, Kabupaten Bogor.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Tak ada kekerasan fisik, tak ada suara keras membentak, apalagi menghardik. Semua berlangsung tenang, tertib, dan diwarnai lantunan ayat-ayat suci.

“Ini merupakan cara MAN 1 Bogor menyambut kehadi­ran para siswa baru yang akan memulai tahun ajaran baru per­tama. Mereka datang dari berb­agai latar belakang sekolah dan keluarga yang perlu belajar be­radaptasi di lingkungan baru,’’ kata Wakil Kepala Sekolah Bi­dang Humas dan Keagamaan MAN 1 Bogor Dr Masdalipah S.Ag MM kepada Bogor Today, Minggu (17/7/2016)

Masa Ta’aruf Siswa MAN 1 Bogor itu sendi berlangsung se­lama tiga hari, yakni tanggal 14, 15, 16 Juli 2016. Ada 506 siswa yang mengikuti acara ini, yakni 400 siswa dari kampus Cibi­nong, 106 dari kampun Karade­nan. ‘’Tujuannya mengajak para siswa mengenal lingkungan MAN 1 secara benar, sehingga mereka nanti merasa nyaman belajar di lingkungan yang sudah dikenal­nya,’’ kata Ipa, panggilan Dr Mas­dalipa, menguraikan.

Acara dimulai pukul 6.30 dengan persiapan upacara. Ke­mudian dilanjutan dengan apel pembukaan, dilanjutkan tada­rus Alquran dan solat dhua. ‘’Ini merupakan cara kami menyiap­kan mental para siswa agar lebih dekat dengan Sang Pencipta, lebih optimis, dan lebih ikhlas dalam menjalani kegiatan,’’ ujar Ipa.

Selama tiga hari, para siswa dengan disiplin ketat datang leb­ih pagi, yakni sekitar jam 6.00. Mereka dengan tertib berbaris di halaman sekolah yang cukup luas sebelum memasuki ruang Aula untuk melakukan tadaru­san dan salat dhuha bersama-sama. Suasana relijius sangat terasa, sehingga para muridpun tampak selalu tertib dan tenang dalam menjalankan semua keg­iatan.

Materi yang diberikan pada masa orientasi ini sebetulnya standar-standar saja. Misalnya penjelasan Visi dan Missi MAN 1 Bogor yang disampaikan Kepala MAN 1 Bogor Dr H. Asep Ruhiat, Pengenalan Kurikulum MAN 1 Bogor oleh Safwan Maulana MMPd, Pengenalan Lingkungan Sekolah oleh Sunardi SE, Kedi­siplinan dan Tata Tertib disam­paikan oleh Wahyu Mulyadi MM, Wawasan Wiyata Mandala disam­paikan oleh Dr Masdalipah MM, dan Belajar Efektif oleh Drs H Ha­pudin MPd. ‘’Dengan materi-ma­teri ini, kami berharap para siswa baru memiliki wawasan dasar yang memadai tentang MAN 1 Bogor. Mereka juga diharapkan memiliki gambaran tentang ber­bagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan mereka pilih kelak,’’ katanya.

Di MAN 1 Bogor terdapat 11 ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh para siswa baru, mulai dari bela diri, PMR, Pramuka, Seni, dan juga Lingkungan Hidup. ‘’Para siswa bisa memilih eskul sesuai dengan minat dan bakal yang mereka miliki,’’ pungkas Ipa.

 

loading...