_86957232_getty_mvp_bryant2011TORONTO, Today – Tim Wilayah Barat keluar sebagai pemenang NBA All-Star 2016. Tim Wilayah Barat mengalahkan Wilayah Timur 196-173, yang menciptakan rekor angka tertinggi dalam seja­rah perhelatan itu.

Starter tim Wilayah Barat diisi oleh bintang-bintang seperti Kev­in Durant dan Russell Westbrook [Oklahoma City Thunder], Kawhi Leonard [San Antonio Spurs], Stephen Curry [Golden State Warriors], dan Kobe Bryant [LA Lakers], yang menjalani All-Star game terakhir dalam kariernya.

Sedangkan starter Wilayah Timur diisi LeBron James (Cleve­land Cavaliers), Carmelo An­thony (New York Knicks), Paul George (Indiana Pacers), Kyle Lowry (Toronto Raptors), dan Dwyane Wade (Miami Heat).

Bertempat di Air Canada Cen­tre, Toronto, Senin (15/2/2016) pagi WIB, ini adalah gim All-Star pertama yang dilangsungkan di luar Amerika Serikat. Pada edisi ini pula lah, kedua tim mencetak lebih banyak angka daripada tim-tim sebelumnya sejak All-Star pertama kali digelar pada 1951.

Ini juga kemenangan kedua beruntun untuk Wilayah Barat usai mengalahkan Wilayah Timur 163-158 di 2015. Namun, secara keseluruhan Wilayah Timur ma­sih memimpin dengan kemenan­gan 37 berbanding 28.

Di kuarter pertama, Timur memimpin 43-40 tapi Barat ber­balik unggul dengan skor 92-90 di kuarter kedua. Barat men­jauhkan diri dari kejaran Timur setelah mencetak 53 angka di kuarter ketiga sebelum melesat dengan 51 poin di kuarter terakh­ir dan hanya kebobolan 37 angka saja.

Kobe, yang kehadirannya ditunggu-tunggu, tampil selama 23 menit dengan menyumbang 10 poin untuk Barat. Si MVP ta­hun lalu, Curry, menceploskan 26 poin, Leonard 17 poin, Durant 23 poin, dan Westbrook 31 poin. Dari bench, Anthony Davis (New Orleans Pelicans) mendonasikan 24 poin, James Harden (Hous­ton Rockets) 23 poin, sedangkan Chris Paul (LA Clippers) 14 poin.

Dari kubu Timur, George mencetak angka tertinggi dengan total 41 poin selama 27 menit ber­aksi di atas lapangan. LeBron dan Anthony masing-masing 13 poin, Lowry 14 poin, dan Wade hanya delapan poin. John Wall [Wash­ington Wizards] paling menonjol di bench Timur dengan sumban­gan 22 poin.

Meskipun tidak banyak mencetak angka, tapi torehan itu sudah cukup bagi LeBron untuk melewati perolehan an­gka terbanyak di laga All-Star yang dibuat Kobe [290]. Dengan 13 poinnya, LeBron kini sudah mencetak 291 poin dalam 12 kali partisipasi sejak 2005.

Meski hanya mencetak 10 poin dalam pertandingan NBA All-Star 2016, namun Kobe Bry­ant tetap menjadi sorotan pub­lik dunia. Itu terjadi karena NBA All-Star musim ini adalah musim terakhirnya mengingat pada musim mendatang ia sudah berhenti menjadi pebas­ket.

“Saya merasa san­gat diberkati karena mampu bermain bertahun-tahun. Saya harus tegaskan bahwa 20 tahun bukanlah suatu hal yang sebentar, saya sangat ber­syukur dengan apa yang saya raih,” ujar Kobe seperti diberi­takan situs res­mi NBA, Senin (15/2/2016).

P a d a k u a r t e r keempat, k e t i k a pertand­i n g a n meny­isakan s a t u menit enam detik, Kobe Bryant ditarik keluar oleh pelatih. Akhirnya pertandingan harus berhenti sesaat karena ia mendapat tepuk tangan dari semua penonton dan mendapat pelukan dari setiap pemain. Itu meru­pakan terakhir kalinya Bryant bermain di ajang All Star.

Kobe Bryant yang berada di tim barat berhasil membawa timnya mencetak ban­yak poin. Pertandingan kuarter pertama sudah berlangsung seru karena tim wilayah barat sudah mencetak 40 poin. Namun sayang tim wilayah timur lebih unggul dengan mencetak 43 poin. (Imam/net)