BOGOR TODAY – Berbicara Bogor pasti sebagian orang menyebutnya sebagai surga dunia. Hal itu, karena Bogor memiliki keindahan tersendiri sehingga banyak pelancong yang berwisata ke daerah tersebut. Sebut saja Puncak Cisarua Bogor, di sana para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan sejuk. Bukan itu saja, di sana juga banyak tempat-tempat peristirahatan, seperti hotel, villa, dan cocok juga untuk berkemah.

Selain Puncak, di wilayah Sentul juga banyak tempat perkemahan yang wajib anda kunjungi, salah satunya di kawasan Gunung Ciung Sentul yang lokasinya tak jauh dengan tempat wisata Curug Bidadari, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Ya, Gunung Ciung yang masih astri dengan pepohonan hijau nan rindang itu kini terdapat lokasi perkemahan lengkap dengan fasilitas vila. Di sana, selain kalian menikmati alam yang indah, kalian juga bisa beristirahat di vila yang sudah disiapkan pengelola.

Tempat camping atau perkemahan itu baru saja diresmikan dan sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Para pengunjung terlihat begitu sangat menikmati pemandangan gunung yang berbukit, apalagi di saat terbenam matahari di sore hari yang begitu menawan.

Jalal selaku pengolola sekaligus pemilik lokasi ground camping Gunung Ciung mengatakan, mendirikan ground camping Gunung Ciung itu berawal dari inspirasi teman-temannya yang merasa ketagihan ketika berwisata ke lokasi tersebut.

“Iya, ini awalnya masukan dari teman-teman yang datang ke sini, kata mereka ini berpotensi. Oleh karen itu saya coba untuk buatkan tempat camping atau perkemahan yang tentunya sudah kami lengkapi juga dengan fasilitas semacam vila dan juga beberapa tenda perkemahan,” kata Jalal kepada Bogor Today.

Dia menjelaskan, untuk mencapai tempat tujuan para pengunjung hanya butuh waktu sekitar 40-60 menit saja dengan menempuh jarak 1,5 kilometer. “Memang jarak tempuhnya cukup melelahkan, tetapi semua itu terbayarkan ketika sudah sampai tujuan, karena di sini kami menyediakan vila sebagai tempat istirahat sebelum pengunjung memasang tenda,” jelasnya.

Bukan itu saja, bagi pengunjung yang tidak membawa tenda pun dirinya sudah menyiapkan sehingga tidak usah repot-repot membawa tenda dari rumah. Begitu juga dengan fasilitas lampu tenda dan lampu senter pun sudah disiapkan. “Jadi, kalau tidak bawa kita sudah sediakan. Pengunjung cukup menyewanya dengan biaya Rp 100 – Rp 200 ribu perorang. Selain itu, kami juga siapkan untuk konsumsinya,” ujarnya.

Ia juga menyadari bahwa lokasi wisata yang disediakan itu belum 100 persen lengkap, sehingga kedepanya akan dibangun gazebo, mushala dan spot-spot lainnya.

Sementara itu, Pengunjung Eha Mulyati mengaku sangat puas berlibur di lokasi perkemahan di Gunung Ciung ini. Menurutnya, tempat ini sangat bagus karena viewnya cantik dan indah, sehingga ia berencana untuk datang kembali.

“Viewnya bagus, akses jalannya juga itu tidak terlalu jauh, ketika kita sedang lelah kemudian sampai itu langsung terobati bisa langsung istirahat. Kemudian sesampainya di atas dan kita ingin melihat matahari tenggelam itu sangat bagus sekali kelihatannya cantik banget,” katanya. (Heri)