ismet-ali-1Ismet Ali
Master Coach Soft Skills

Sabtu, 2 Desember 2016 Bogor To­day merayakan ulang tahun perta­manya. Layaknya bayi, maka Bo­gor Today masuk dalam katagori batita (bayi di bawah tiga tahun). Dalam rentang usia ini Bogor Today memang masih berada dalam keadaan rentan ter­hadap berbagai penyakit bahkan kalau tidak serius bisa berakibat kematian.

Dalam sudut pandang manajemen bis­nis, perusahaan dengan usia di bawah 3 tahun juga rentan terhadap berbagai tantangan dalam pertumbuhan bisnis­nya. Pendiri biasanya sudah terlalu capek dengan visi, misi, value statement, dan strategi untuk menumbuhkan perusa­haan. Berbagai aksi dilakukan mulai dari co-operative sampai aliansi harus dilaku­kan demi kelangsungan pertumbuhan perusahaan.

Di lain pihak, para karyawan di perusahaan masih bayi, umumnya masih mencari tahu ke arah mana perusahaan akan dibawa. Keadaan ini semakin susah apabila karyawan yang bergabung umumnya masih usia muda. Secara individual mereka juga masih mencari jati diri. Mere­ka cenderung berharap perusahaan cepat dibesarkan oleh pemiliknya. Kesalahan pemikiran ini memang harus disikapi dengan bijak oleh sang pendiri dan para karyawan tersebut. ­

Paling tidak ada 2 cara yang se­baiknya dijaga baik oleh pendiri maupun karyawan Bogor Today agar terus bertumbuh. Pertama, Kepemimpinan, mengelola Bogor Today sebaiknya dilakukan dengan kepemimpinan partisipatif. Pendi­ri perlu memotivasi agar semua stakeholder yang terlibat bersedia memberikan berbagai dukungan maupun kritik terutama terhadap proses produksi berita yang ber­landaskan pada “good news is best news” dalam hariannya.

Kepemimpinan partisipatif juga harus diterapkan kepada seluruh karyawan. Dengan jumlah kary­awan yang masih sedikit, maka pe­mimpin harus menekankan bahwa “kesadaran dan loyalitas” setiap karyawan dalam melaksanakan se­tiap tahap proses produksi sekecil apapun harus dilakukan dengan benar dan cepat.

Kedua, Sistem Manajemen, dalam hal ini Bogor Today wajib mem­bangun sistem manajemen secara bertahap mencakup empat fungsi utama perusahaan: produksi, mar­keting, keuangan, dan sumberdaya manusia. Sistem manajemen yang sederhana sangat perlu karena itu akan menjadi standar kerja dimana setiap karyawan harus belajar untuk mempertanggung jawabkan hasilnya kerjanya setiap hari. Pada usia batita, sistem kerjanya adalah “semua kary­awan Bogor Today harus bertang­gung jawab membesarkan Bogor Today.”

Selamat ulang tahun Bogor Today.