Home Health Care Beberapa Fakta Mengenai Malaria

Beberapa Fakta Mengenai Malaria

0
169

201001150944441Malaria adalah penyakit yang sering kali ditemukan di negara-negara yang ada di Asia Selatan, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Penyakit serius yang dise­babkan oleh nyamuk pembawa parasit ma­laria ini dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami demam tinggi dan menggigil.

Malaria tidak menular dari satu orang ke orang lain dengan sentuhan atau berdeka­tan dengan penderita, tetapi disebarkan melalui nyamuk.

Kebanyakan infeksi malaria menyebab­kan gejala mirip flu, seperti demam tinggi, menggigil, dan nyeri otot. Gejala-gejala tersebut datang dan pergi dalam sebuah siklus. Beberapa jenis malaria bisa menye­babkan masalah yang lebih serius, seperti kerusakan pada jantung, paru-paru, ginjal, atau otak.

Beberapa parasit malaria bisa ber­tahan dari obat

Beberapa parasit mungkin bertahan hidup karena mereka berada pada hati Anda, atau karena mereka memang tahan dengan obat. Dokter akan melakukan tes darah untuk masalah ini, dan Anda perlu segera mencari pertolongan darurat bila merasa mengalami gejala penyakit malaria.

Nyamuk malaria lebih aktif di sore atau dini hari

Ya, ketika sudah subuh atau sore, nyamuk pembawa malaria akan lebih mu­dah ditemukan dan menyerang Anda, apa­lagi kalau Anda menghabiskan waktu di luar. Jadi, berhati-hatilah!

Parasit malaria bisa membunuh sel darah

Ketika Anda terinfeksi oleh nyamuk ma­laria, parasitnya bisa menyebabkan malar­ia masuk ke dalam darah dan menginfeksi sel hati. Parasit akan bereproduksi di dalam sel hati, yang kemudian membuat parasit baru lainnya memasuki sistem peredaran darah dan menginfeksi sel darah merah. Pada akhirnya, sel darah bisa rusak dan ke­mudian parasit tersebut berpindah ke sel darah lain yang belum terinfeksi.

Wanita hamil lebih mudah terkena penyakit malaria parah

Ini dikarenakan sistem imun pada wani­ta hamil turun dibandingkan ketika masih belum hamil. Sama dengan wanita hamil, anak kecil, orang separuh baya dan lansia, dan orang-orang dengan masalah kesehat­an lainnya akan lebih mudah terkena kom­plikasi serius bila mereka terkena malaria.