BOGOR TODAY – Para awak media yang tergabung di Jurnalis Bogor Barat (JBB)  sapa Baduy selama dua hari.

Dengan mengunakan sepeda motor rombongan JBB, mendatangi pemukiman warga Kampung Baduy Luar di Kampung Kanekes, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinis Banten.

Dari Kampung Kanekes (Baduy Luar) untuk menuju  Kampung Baduy Dalam, tentunya harus berjalan kaki sepanjang 12 Kilometer.

Rasa lelah, melewati Jalan setapak yang terjal dan menurun bakal hilang. Sebab, di sepanjang perjalan. Tidak sedikit  warga baduy luar yang menjajankan kerajinan khas Baduy. 

Diantarnya gelas Bambu dengan corak Baduy, Tas tali khas Baduy, hingga cendra mata seperti cicin, gelang baduy. 

Tak hanya itu, di setiap perjalan juga penghujung di suguhkan pemandangan alam yang alami dengan rumah adat panggung, puluhan Leuit  dan Jembatan Bambu sepanjang 50 Meter yang membelah sungai Kanekes.

Disela malam, pengunjung juga bisa melihat penampilan kesenian khas Baduy yakni Karinding. Semua alat yang di mainkan dari bahan bambu.

Biasanya, warga Baduy luar bermain kesenian Karinding di malam hari, sambil menghilangkan rasa cape setelah seharian bekerja di ladang. 

Wartawan MGS TV,  Mande Jajar mengaku tujuan sapa Baduy bareng awak media yang tergabung dalam JBB, tak lain ingin mengenal lebih dekat keseharian warga Baduy, senian tradisonalnya dan keindahan alam yang kini masih alami.

“Banyak hikmah yang bisa di petik, kita berharap wilayah Kabupaten Bogor seperti warga Baduy bisa mencintai alam. Termasuk, mempertahankan nilai – nilai budaya,”  pungkasnya. (Iman R Hakim)