CIBINONG TODAY – Sedikitnya 15 bangunan diratakan untuk kepentingan membangun tugu FIFA World Cup U-20 sekaligus tugu ‘Selamat Datang’ di Simpang Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, perataan bangunan tersebut dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan pembebasan lahan. Sehingga dipastikan
jika perataan itu tidak menimbulkan masalah.

“Pembebasan lahan untuk 15 bangunan itu dilakukan Pemkab Bogor tahun lalu. Nantinya itu digunakan untuk pembangunan tugu atau bundaran persimpangan,” kata Suryanto, Selasa (25/2/2020).

Ia menargetkan pembongkaran bangunan tersebut rampung pada akhir bulan ini, sehingga pembangunan bisa langsung dilaksanakan setelah proses Detail Engineering Desain (DED) selesai dibuat.

“Target kita sebelum Maret, mudah-mudahan semingguan ini selesai. Ada yang tidak bisa pakai alat, yang pondasi harus pembongkaran manual,” terang Suryanto.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan, meski Detail Engineering Design (DED) dan pelaksanaan pembangunan dilakukan di tahun yang sama pada 2020, ia optimistis penataan yang dilakukan untuk menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, bisa selesai tahun ini.

Untuk anggarannya, kata dia, Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah sebesar Rp300,647 miliar. Itu digunakan untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar Tol Sentul, hingga sekitaran Stadion Pakansari.

“Anggarannya tersebar di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya sendiri dan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion,” kata Ade Yasin. (Firdaus)

loading...