Jakarta Today – Massa petani yang hendak menggelar demonstrasi di depan Istana masih tertahan kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat. Mereka terlihat bertahan di jalan dan trotoar sekitar kawasan Monas.

Pantauan detikcom di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pukul 12.40 WIB, Kamis (10/10/2019), terlihat kawat berduri masih disiagakan di seberang Kemenko Polhukam.

Selain itu, terlihat juga massa yang makan nasi kotak di taman sekitar Jalan Medan Merdeka Barat. Ada juga massa petani yang makan di tengah-tengah jalan.

Massa petani yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia ini menggelar demonstrasi untuk menuntut sejumlah hal terkait perhutanan sosial. Perwakilan massa aksi sudah diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi, yang menerima perwakilan massa di Istana, berbicara masih adanya masalah di lapangan mengenai SK perhutanan sosial.

“Pertama, ini saya bicara apa adanya. Perhutanan sosial ini ada yang sudah banyak menerima manfaat, tetapi ada yang dikasih SK, tapi yang di bawah belum jalan, benar?” ujar Jokowi.

Dikutip dari Detik.com, Jokowi sempat bertanya soal data penerima SK yang dikantonginya dengan fakta di lapangan. Jokowi menyatakan program ini harus terus berjalan.

“Ini data yang saya pegang. Sampai 1 Oktober 2019, pemberian pemanfaatan hutan sosial yang di Jawa sampai 25 ribu hektare. Betul? Ditambah perlindungan kemitraan 150 ribu, betul? Kadang di sana gede, di sini kecil. Saya mau ngecek saja. Program ini harus jalan terus,” papar Jokowi. (Carfine/net)

loading...