JAKARTA TODAY – Mahasiswa akan kembali menggelar aksi demonstrasi di sekitar kawasan DPR, Selasa (1/10) siang ini. Demo mahasiswa ini bertepatan saat upacara pelantikan anggota DPR periode 2019-2024.

“Iya (kembali beraksi) siang ini,” jelas Koordiantor Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI), Muhammad Nurdiansyah.

Nurdiansyah mengatakan, aksi ini tak hanya akan dikuti sejumlah BEM dari universitas di Jakarta namun juga luar daerah. Menurutnya, sejumlah BEM dari universitas di Jawa Barat juga telah mengonfirmasi hadir.

“Wilayah Jawa Barat, tidak hanya Unpad (sudah konfirmasi hadir). (Sementara yang lain) sejauh ini belum konfirmasi, tapi tidak menutup kemungkinan akan hadir juga,” terang mahasiswa IPB itu.

Seperti demo sebelumnya, tuntutan demo kali ini masih sama. Seputar amanat reformasi, RUU KUHP, UU KPK, dan lain sebagainya.

Nurdiansyah mengatakan, massa akan berkumpul sekitar pukul 12.00 WIB. Ia memastikan para mahasiswa akan berdemo secara damai dan mengikuti aturan yang berlaku.

“Kita akan sesuai prosedur yang berlaku. Sekitar pukul 16.00 WIB, kita akan berusaha untuk menarik masa aksi pulang. Aksi kali ini pun bertemakan aksi damai dan akan diminimalisir setiap ujaran ataupun unsur-unsur provokatif. Dan yang paling penting kita tidak akan melewati batas jam prosedur yang ada,” pungkasnya.

Saat ini, kepolisian telah bersiaga di sekitar DPR. Petugas masih menutup Jalan Gatot Subroto yang berada tepat di depan DPR. Selain itu, Jalan Palmerah Timur yang lokasinya berada di belakang Gedung DPR juga dibuat satu arah menuju Palmerah.

Selain anggota Brimob yang sejak kemarin berjaga, terlihat pula anggota Paskhas dari satuan TNI AU. Lokasi mereka menyebar di dalam dan luar gedung DPR.

Sementara, di luar Gedung DPR, sebanyak tujuh truk, dua bus, dua water canon, dan satu barracuda milik Korps Brimob telah disiagakan. (net)

loading...