alfian mujani 240BANYAK orang hidup dengan usia sangat panjang. Tapi sepeninggalnya tak ada orang yang mengenang dan mendoakannya. Sebagian orang hidup singkat, namun sepeninggalnya dikenang dan didoakan banyak orang sepanjang hayatnya. Ternyata dikenang dan didoa­kan bukan karena lamanya hidup, melainkan karena seberapa banyak manfaat bagi orang lain.

Dalam berteman, bersaudara, dan berke­luarga juga seperti itu. Kenangan dan doa han­ya untuk mereka yang menanamkan kebaha­giaan, bukan menanamkan penderitaan. Yang menyiramkan kesejukan, bukan yang meny­iramkan hawa panas kehidupan. Berbahagialah mereka yang hatinya betul-betul terbuka menerima keluhan dan terbuka memberikan kedamaian. Mereka yang seperti itulah yang benar-benar menjadi rahmat di muka bumi ini.

Apakah sifat yang paling menghalangi hadirnya kebahagian diri dan menghambat untuk membahagiakan orang lain? Jawa­bannya adalah hasud, iri hati, dan dengki. Ketidaknyamanan hati melihat nikmat yang tetapkan Sang Pencipta untuk orang lain.