BOGOR TODAY – Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK PLUS PGRI 1 Cibinong, dilaksanakan selama enam hari, dari 15-20 Juli 2019. Kegiatan MPLS dimulai pukul 06:30-12:00 WIB.

Sebanyak 267 siswa dari berbagai sekolah menengah pertama (SMP), mendaftarkan sekolah ke jenjang berikutnya di SMK PLUS PGRI 1 Cibinong, belum ada pemberitahuan lebih tentang berapa masing-masing jumlah siswa dan siswi yang ada di sekolah ini.

Hal tersebut di katakan oleh salah seorang Guru Bahasa Inggris, sekaligus seorang Guru yang bertanggung jawab di Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) Rizki Fauziah.“Ada 267 siswa yang sudah mendaftar di SMK PLUS PGRI 1 Cibinong tahun ini, saya belum bisa memberi tahu berapa jumlah persis siswa dan siswinya,” kata wanita yang sering disebut Miss Kiki tersebut. (16/07/2019).

Informasi yang didapat Bogortoday, Kegiatan MPLS ini berlangsung selama enam hari, yaitu Senin – Sabtu. Setiap harinya, siswa-siswi ini melakukan hal yang setiap pagi dilakukan yaitu, kajian agama atau tausiah, dilanjut dengan Apel pagi atau upacara pembukaan MPLS, lanjutkan dengan KBM dan Kurikulum 2013, dan pemaparan pengenalan Jurusan, Seputar PSG dan lainnya.

Kemudian, di hari kedua kemping akan dilakukan Sholat subuh dan kultum bersama, Senam pagi , Memasak dan sarapan, Game outdoor, Operasi semut, Kemudian Sebelum Pulang, Melaksanakan Upacara Penutupan Terlebih dahulu.

Dalam MPLS SMK Plus PGRI 1 Cibinong itu juga, para siswa diberikan materi tentang ilmu PSG ( Pendidikan Sistem Ganda) dan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Untuk diketahui, PSG adalah proses pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematik antara program pendidikan pada sekolah (KBM) dengan program penguasaan keahlian dengan bekerja langsung pada dunia kerja (PKL) untuk mencapai suatu tingkat keahlian tertentu.

Adapun tujuan dari PKL adalah meningkatkan kualitas pendidikan, baik pengetahuan, keterampilan maupun etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja, sehingga siap masuk ke pasaran kerja.

Para siswa yang PKL akan ditempatkan diperusahaan yang menyangkut dengan jurusan keahlian. Contohnya, bila siswa masuk ke jurusan Pemasaran, biasanya siswa tersebut akan ditempatkan di toko-toko.

Tidak hanya Pemasaran, di SMK Plus PGRI 1 Cibinong terdapat beberapa jurusan lain, berikut jurusan yang ada di SMK Plus PGRI 1 Cibinong.

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Salah satu jurusan bergerak dibidang informasi dan teknologi. Biasanya siswa yang masuk jurusan ini akan ditempatkan di suatu perusahaan atau yang lainnya.

  1. Akuntansi (AK)

Jurusan ini bergerak dibidang perhitungan. Siswa yang berjurusan AK rata-rata ditempatkan di Bank.

  1. Administrasi Perkantoran (AP)

Mengetik atau menulis surat adalah salah satu tugas siswa AP. PKL di perkantoran adalah tempat yang cocok untuk siswa yang masuk jurusan ini.

  1. Pemasaran (PM)

Seperti yang dijelaskan diatas, jurusan ini sangat cocok PKL di pertokoan karena pembelajaran yang mereka pelajari memang tentang bisnis berbisnis.

  1. Multimedia (MM)

Yang terakhir ini adalah jurusan baru di SMK Plus PGRI 1 Cibinong. Mempelajari tentang edit mengedit dan fotografi, percetakan dan studio foto adalah tempat yang cocok untuk siswa jurusan ini.

Setelah merampungkan rangkaian kegiatan MPLS, SMK PLUS PGRI 1 CIBINONG juga menggelar kegiatan pengenalan ekstrakurikuler, Kamis (18/7/2019) nanti. Kurang lebih 240 siswa siswi baru SMK PLUS PGRI 1 CIBINONG bersemangat menanti  jalannya acara yang dimulai sejak pagi hari.

Tak kurang dari 12 ekstrakurikuler, juga dipertunjukkan untuk menampung bakat dan minat setiap siswa atau siswi baru. Ekstrakurikuler diperkenalkan penuh atraktif oleh anggota paskibra, pramuka, PMR ,Pencak Silat, Band, Basket, dan lainnya.

Dengan pengenalan ekstrakurikuler tersebut, para siswa dan siswi berharap agar hasil dari acara pengenalan ekstrakurikuler dapat menopang prestasi akademik siswa. Selain itu, dengan pengenalan ekstrakurikuler ini bakat dan minat siswa juga dapat berbuah prestasi dan dapat membawa nama baik sekolah.

Harapannya, tentu bagi siswa kelas 10 lebih tertarik untuk ikut ekskul yang disediakan. Tujuannya juga bisa untuk pengembangan di akademiknya dan juga bakat yang dimiliki.

Penulis : Amel, Aulia, Ade, Fadya, Sherin

loading...