SENTUL TODAY – Anggota Security PT Sukaputra Graha Cemerlang (SGC) benar-benar terlatih dalam mengatasi kebakaran. Ini buktinya, berkat kesigapan anggota security, kebakaran yang terjadi tidak meluas. Seperti yang terjadi di Cluster Venesia perumahan Sentul City Rabu (27/2) sekitar pukul 05.30 WIB. Api yang berkobar di garasi sebuah rumah di Jalan Venesia Selatan nomor 99 berhasil di padamkan dalam waktu singkat.

“Anggota kami sudah terlatih mengatasi kebakaran. Jadi saat terjadi musibah, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk memadamkan api secepatnya,” kata Paulus, Rabu (27/2/2019).

Paulus menjelaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Ada lima penghuni rumah tersebut dan berhasil diselamatkan sebelum api membesar. Dia menduga asal api dari tumpukan barang bekas di garasi yang belum dibuang. “Kalau kita tidak sigap datang mungkin api sudah merembet,” ujarnya.

Kata Paulus, saat anggota security tiba di tempat kejadian perkara, anggota melakukan pemadaman dengan memakai Alat Pemadam Api Ringan (APAR ) sebanyak delapan tabung dari gate cluster terdekat. Ternyata, di sekitar lokasi kebakaran anggota menemukan adanya benda yang mudah terbakar seperti genset dan anggota langsung menjauhkan benda benda tersebut dari titik api  termasuk memecahkan kaca garasi agar asap tidak berkumpul di dalam ruangan.

Lima menit kemudian mobil pemadam kebakaran dikawal mobil patroli SGC tiba di lokasi bersama petugas Unit Reaksi Cepat (URC) melakukan pemadaman. “Kobaran api berhasil dipadamkan dalam waktu 20 menit,” pungkasnya (Iman R Hakim /*)