Lenovo-Vibe-K4-NotePerkembangan teknologi smartphone saat ini mengantarkan pengguna smartphone kini bisa menikmati konten virtual seperti layaknya sebuah realitas nyata. Misalnya bermain games atau menonton video akan terasa lebih hidup seperti melihat langsung di hadapan mata. Hal ini berkat teknologi virtual reality yang disematkan pada perangkat smartphone.

Oleh : Yasser Arafat
[email protected]

Di pasar saat ini sudah tersedia banyak produk smartphone yang telah mendukung teknologi virtual reality (VR) dan dijual satu paket dengan handset ViR. Salah satu ven­dor yang memiliki perangkat smartphone dengan virtual reality yakni Samsung. Namun banderol harganya memang tergolong tinggi.

Untuk alternatif mendapat­kan smartphone berteknologi virtual reality dengan harga yang terjangkau, pilihan bisa dijatuhkan pada produk smartphone dari Lenovo. Ven­dor asal China ini memang terkenal dengan produk-produknya yang terjangkau.

Setidaknya ada 3 var­ian smartphone Lenovo yang telah mendukung teknologi virtual reality karena memiliki fitur Lenovo TheaterMax. Fi­tur tersebut dapat mengubah konten multimedia menjadi konten berkemampuan VR sehingga menghadirkan pen­galaman sinematik bagi peng­guna yang menonton konten ini dengan perangkat AntVR.

  1. Lenovo A7000 Special

Edition

Lenovo A7000 Special Edition merupakan produk lama Lenovo yang bisa mem­buat penggunanya untuk menikmati sensasi sinematik melalui teknologi virtual real­ity. Namun sebelum itu, peng­guna smartphone ini diharus­kan meng-upgrade firmware terbaru melalui pembaruan OTA (over-the-air).

Smartphone ini hadir dengan mengusung layar berteknologi IPS capacitive touchscreen berukuran 5.0 inches. Prosesor yang digu­nakan yakni MediaTek MT6752 Octa-core dengan kecepatan 1.7 GHz Cortex-A53. Untuk mendukung kinerja dapur pa­cunya, disematkan juga RAM sebesar 2 GB. Untuk mengaba­dikan moment penting, pada bagian belakang body ter­dapat kamera utama dengan resolusi 13 MP lengkap dengan autofocus, dual-LED flash. Adapun kamera sekunder yang disematkan pada bagian depan body beresolusi 5 MP.

Harga: Rp 2.245.000,-

  1. Lenovo Vibe K5 Plus

Smartphone ini merupak­an smartphone terbaru yang dihadirkan Lenovo. Lenovo Vibe K5 Plus juga dibekali fi­tur TheaterMax yang mampu mengubah konten multime­dia apa pun menjadi konten berkemampuan VR (Virtual Reality).

Pada sektor layar, Lenovo Vibe K5 Plus dibekali layar berteknologi IPS LCD capaci­tive touchscreen dengan ben­tang layar seluas 5.0 inches. Jeroan smartphone ini berisi prosesor 1,5 GHz Octacore 64- bit dari Qualcomm Snapdrag­on 615 yang didukung RAM sebesar 2 GB. Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Kamera belakang Lenovo Vibe K5 Plus memiliki lensa berukuran 13 MP yang telah dilengkapi dengan fitur auto­focus dan dual-LED flash, se­dangkan kamera depan yang biasa digunakan untuk berfoto selfie atau video call memiliki lensa berukuran 5 MP.

Harga: Rp 2.249.000,-

  1. Lenovo Vibe K4 Note

Varian smartphone lain­nya dari Lenovo yang memi­liki kemampuan virtual reality yakni Lenovo Vibe K4 Note. Smartphone yang dirilis pada awal tahun 2016 ini menggu­nakan prosesor octa core 64- bit MediaTek MT6753 dengan dukungan RAM sebesar 3 GB. Layar yang dibekal­kan pada smartphone ini memiliki ukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD. Smartphone ini juga dibekali fi­tur audio Dolby At­mos serta kamera utama beresolusi 13 MP dan ka­mera sekunder beresolusi 5 MP.

Har­ga: Rp 2.899.000,-

 

loading...