Untitled-12ALFIAN MUJANI
[email protected]

Alamat SDN Tanah Sareal 1 memang di Jalan Ahmad Yani Blok 56 Kota Bogor. Namun untuk sampai ke gedung sekolah ini, harus menelusuri gang cukup dalam dan me­lewati pemukiman padat.

Tapi jangan salah, meski lokasinya tersembunyi di dalam gang, Kepala SDN Tanah Sareal 1 Yeyen Siti Hasa­nah S.Pd memiliki semangat luar biasa dalam menata lingkungan sekolah. Para guru dan murid diajak sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan menanam pohon di lahan-lahan yang masih kosong.

‘’Kedatangan surat kabar harian Bogor Today dan Tim Bogor Hejo ke sini, memberi semangat kepada para murid dan kami semua untuk lebih giat lagi menata lingkungan sekolah,’’ kata Yeyen, panggilan Siti Hasanah, pada acara penanaman pohon citrus dan buah-buahan di halaman SDN Tanah Sareal 1, Jumat (29/7/2016)

Yeyen meminta para murid dan para guru mengikuti jejak Bogor Hejo, yaitu melakukan penanaman pohon setiap hari di sekolah-sekolah dan pemukiman. ‘’Saya minta pohon yang sudah kita tanam kita rawat dan peli­hara sama-sama. Juga kebersihan ling­kungan sekolah kita ini agar nyaman dan sehat,’’ katanya.

Sebelumnya Yeyen bercerita bahwa untuk membiasakan para murid disip­lin dalam menjaga kebersihan lingkun­gan, tidak mudah. Maklum mayoritas murid di SDN Tanah Sareal 1 berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dengan mata pencaharian serabutan. ‘’Ada yang bekerja sebagai pemulung,’’ katanya.

Mereka, lanjut Yeyen, kurang memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Ada kecen­derungan suka membuang sampah sembarangan. ‘’Tapi sekarang alham­dulillah sudah mulai tertib dan mulai disiplin dalam membuang sampah,’’ kata Yeyen yang mengaku baru enam bulan bertugas di SDN Tanah Sareal 1.

Perjuangan Yeyen mengubah ke­biasaan di SDN Tanah Sareal 1 ini mulai terasa memang. Meski lokasi sekolah tersebut berada di dalam gang kecil, namun tampak cukup bersih. Bahkan para muridnya juga memiliki pengeta­huan yang baik mengenai lingkungan hidup dan juga tahu manfaat dari keg­iatan menanam pohon.

Pengetahuan para murid ini diuji lewat kuis pohon yang dipandu Amel Amalia Dian Puspitasari dan Tato Marsito. Begitu Amel yang mengaju­kan pertanyaan, para murid langsung berebut maju ke depan dan berusaha menjawab pertanyaan tersebut.

Enam hadiah yang dibawa Tim Bo­gor Hejo pun berhasil diraih para mu­rid yang bisa menjawab dengan cepat dan benar. Acara pun usai dan anak-anak kembali belajar ke ruang kelas masing-masing. (*)

loading...