Untitled-12CIBINONG, TODAY– Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor kebagian jatah bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat mencapai Rp32,8 miliar. Rencananya, dana itu bakal digunakan untuk pembangunan in­frastruktur jalan dan pen­gairan di Bumi Tegar Beri­man.

“DAK sifatnya untuk pembangunan fisik. Ren­cananya sih untuk perbaikan tiga ruas jalan dan 12 titik sis­tem pengairan yang tersebar di Kecamatan Babakan Ma­dang dan Leuwiliang,” kata Kepala DBMP Edi Wardani, Rabu (13/7/2016).

Edi menjelaskan, saat ini berkas proyek telah di­masukkan ke Kantor Lay­anan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) dan kini, menurutnya hanya tinggal menunggu pemenang ten­der. “Kita targetkan sebelum akhir tahun proyek-proyek sudah rampung, mengingat ini merupakan bantuan dari pusat,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Ba­rang Daerah (DPKBD) Kabu­paten Bogor Rustandi men­jelaska, Bumi Tegar Beriman dijatah DAK oleh pemerintah pusat hingga Rp2,1 triliun untuk semua kegiatan di setiap Satuan Kerja Perang­kat Daerah (SKPD).

“Tapi, uangnya tidak ada di kita. Itu bentuknya alokasi. Kalau ada dinas su­dah ada paket pekerjaannya, baru bisa dikeluarkan. Tapi, pemerintah pusat tidak lang­sung menyerahkan uang tu­nai segitu banyak ke kita,” kata dia.

Ia menambahkan, DPK­BD tidak bisa mengeluarkan dana jika dinas teknis tidak mengajukan Surat Perin­tah Pencairan Dana (SP2D). “Kalau masih lelang, ya le­lang saja dulu kalau sudah waktunya pembayaran baru masukkan SP2D nanti dic­airkan,” tukasnya. (Rishad Noviansyah/ed:Mina)

loading...