JAKARTA TODAY – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep hari ini diwisuda untuk pendidikannya di Singapore University of Social Science (SUSS). Pria kelahiran 25 Desember 1994 tersebut telah cukup lama tinggal di Singapura sejak menempuh pendidikan SMA di Anglo-Chinese School International, Singapura.

Selain dikenal sebagai seorang YouTuber, Kaesang diketahui memiliki sejumlah bisnis di usianya yang belia. Berdasarkan catatan detikcom, pria yang sempat muncul sebagai cameo dalam film ‘Cek Toko Sebelah’ tersebut punya tujuh bisnis, baik yang dikelolanya sendiri maupun bekerja sama dengan Sang Kakak, Gibran Rakabuming.

Dikutip dari Detik.com, Bisnis Kaesang sendiri tak jauh beda dengan Sang Kakak. Bisnisnya mencakup fesyen hingga kuliner.

Hompimpa Games

Dimulai dari bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games. Board game yang dihadirkan Kaesang membawa pesan toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia dengan jenis-jenis permainan tradisional Indonesia.

Sang Javas

Selanjutnya ada Sang Javas, merk clothing line dengan gambar kecebong. Gambar Kecebong dalam desain kaosnya menarik perhatian netizen saat kaos ini pertama kali diluncurkan.

Menurut Kaesang, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

Saat ini, Sang Javas bekerja sama dengan perusahaan percetakan komik sedang fokus memproduksi komik berdasarkan karakter-karakter yang ada, seperti kecebong Keceboy, Gatot Kece, dan lainnya.

Sang Pisang

Ini menjadi bisnis yang paling besar milik Kaesang yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet.

Diluncurkan pada November 2017, kuliner berbahan baku pisang ini dibangun Kaesang bersama Ansari Kadir. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang.

Ternakopi

Selanjutnya adalah bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan Gibran Rakabuming.

Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang yang menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

Siapmas

Masih di bidang kuliner, Kaesang juga membentuk brand Siapmas. Siap Mas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Mangkokku

Terakhir, yang paling mutakhir adalah bisnis restoran yang dilakukan bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan Sang Kakak, Gibran Rakabuming dengan nama Mangkokku. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.(net)

loading...