8467651_5c36d149-3879-4219-8009-f6fe3100c3d4

DIBANDINGKAN dengan buah-buah lainnya yang kebanyakan punya rasa manis dan segar, buah bit memang tak begitu populer. Namun siapa sangka, di balik warna ungunya yang khas, buah ini justru memiliki berbagai macam manfaat super bagi tubuh.

Buah bit kaya akan kandungan fitonutrien yang disebut sebagai disebut betalains. Ia juga memiliki betanin dan vulgaxanthin, yang telah terbukti memberikan efek antioksidan, anti-inflamasi, dan detoksifikasi.

Cara terbaik untuk mengonsumsi buah bit tanpa kehilangan nutrisi pentingnya adalah menjadikannya salad, atau dibuat smoothies yang dicampur dengan buah lain seperti alpukat atau jeruk.

Seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat super lainnya dari konsumsi bit terhadap kesehatan tubuh:

  1. Menyehatkan jantung

Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi jus buah bit dapat membantu mengurangi beban kerja pada jantung dan membuat organ tersebut lebih baik dalam memberikan oksigen ke otot-otot tubuh. Ini berarti mereka yang mengonsumsinya dapat latihan lebih lama sebelum otot-otot mereka menjadi lelah, kata para peneliti.

Terkait manfaat ini, para peneliti mengatakan hal tersebut diduga didapatkan dari kandungan molekul nitrat yang dimiliki buah bit. Ketika dikonversi dalam tubuh, nitrat dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang merupakan faktor penting dalam melakukan latihan fisik.

  1. Mengatasi sembelit

Dilansir Boldsky, bit merupakan pencahar alami terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit, khususnya yang disertai dengan nyeri. Konsumsi ubi bit dengan cara direbus setengah matang terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya.

  1. Turunkan tekanan darah tinggi

Peneliti menemukan bahwa dosis 8 ons atau kira-kira sekitar satu gelas jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang hingga 7 persen.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi nitrat dapat memicu serangkaian reaksi kimia dalam darah, yang dapat meningkatkan oksigen dalam tubuh, khususnya pada bagian tubuh yang sedang kekurangan kandungan oksigen.

Dari hasil penelitian, ditemukan hasil bahwa penurunan tekanan darah ini disebabkan oleh kandungan nitrat alami yang dimiliki oleh bit. Selain pada bit, konsentrasi tinggi nitrat alami juga ditemukan pada seledri, kubis, serta sayuran berwarna hijau seperti bayam dan selada.

Jus bit yang digunakan dalam penelitian ini kira-kira berisi 0,2 gram nitrat, setara dengan semangkuk besar selada atau 2 buah bit.

  1. Menyehatkan mata

Di samping mengandung vitamin C, makanan berwarna merah keunguan mengandung likopen, antosianin, asam ellagic, quersetin dan hesperidin serta berbagai antioksidan lainnya yang mampu melawan penyakit dan memberi Anda mata dan tubuh yang sehat.

Asupan ini juga kaya akan antosianin. Antosianin juga merupakan antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. (alfian m|dtc)

 

loading...