BUDI-GUNAWAN--FOTO-HLJAKARTA TODAY– Isu tentang reshuffle kabinet menyeruak. Salah satu yang menarik ka­barnya ikut diganti posisi Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN). Posisi Kepala BIN itu isunya juga akan diisi Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG).

“Ya, kalau soal cocok kan sudah pernah mantan Kapolri jadi Kepala BIN. Cocok saja. Tapi kan itu hak prerogratif presiden. Bukan urusan kita,” jelas Ade di Korlantas Polri saat kunjun­gan persiapan mudik, Selasa (21/6/2016).

Ade menyampaikan, dahulu Soetanto, dari Polri juga per­nah duduk sebagai Kepala BIN. “Dulu kan mantan Kapolri per­nah saja yang jadi Kepala BIN. Setuju-setuju saja. Tapi itu kan hak prerogratif kita. Itu ranah presiden,” urai dia.

Sedang nanti apabila posisi Wakapolri ditinggalkan Komjen BG, untuk penggantinya Ade menyerahkan sepenuhnya ke Komjen Tito Karnavian yang menjadi calon Kapolri. “Kita serahkan kepada user-nya ya. Pak Tito pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kemu­dian melaporkannya pada pres­iden. Jadi supaya koordinasinya bagus, kompak,” tutupnya.

Ketua Komisi III DPR Bam­bang Soesatyo juga mengakui adanya kabar Wakapolri Komjen Budi Gunawan akan diangkat menjadi Kepala BIN. Menkum HAM Yasonna Laoly menyebut Komjen BG sebagai sosok ber­pengalaman.

“Saya tidak tahu, yang saya baca saja di media, Pak Bamsoet bilang begini begini,” kata Ya­sonna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2016). “Ya kan beliau (Budi Gunawan) punya pengalaman lah, ya itu prerogatif presiden,” sambungn­ya.

Kalaupun Budi Gunawan ditunjuk sebagai Kepala BIN, Yasonna yakin hal itu sudah me­lewati berbagai pertimbangan. Menurutnya, Jokowi pasti me­milih orang yang tepat. “Kalau seandainya pun (Budi Gunawan jadi Kepala BIN), pasti presiden punya pertimbangan khusus. Pasti orang yang ditunjuk pres­iden pasti orang yang pas,” un­gkapnya.

Sementara itu, Menko Pol­hukam Luhut Pandjaitan eng­gan berkomentar panjang soal kabar Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Dia menyer­ahkannya ke presiden. “Kalau itu tanya presiden,” ujar Luhut terpisah. (Yuska Apitya/net)- (ed:Mina)

loading...