Home Bogor Raya Bulan Baru, Jalan Rusak Diperbaharui

Bulan Baru, Jalan Rusak Diperbaharui

0
80

Untitled-9SEJUMLAH ruas jalan rusak berat di kawasan Cibinong Raya, dipastikan mulai dibenahi awal Agustus 2 016. Dari 25 paket pekerjaan yang merupakan kewenangan UPT Teknik Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong, 11 paket diantara telah menemukan pemenang.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Kepala UPT Teknik Jalan dan Jembatan 1 Cibinong pada Di­nas Bimamarga dan Pengairan (DBMP) Pemkab Bogor Agus Sukwanto menjelaskan, beberapa paket pekerjaan jalan rusak hanya ting­gal pengerjaan. “Sudah ada yang disurvei, ada juga yang sudah pelaksanaan pekerjaan tepatnya SPK yang dibuat sekitar perten­gahan bulan Juli,” ujarnya.

Meski demikian, Agustus 2016 ini Agus memastikan jika akan ada banyak paket proyek yang sudah selesai dilelangkan. “Untuk selesainya itu tergantung SPK-nya, jika SPK masuk dibulan Juli maka diprediksi bulan okto­ber sudah selesai, maksimalnya 15 Desember,” tuturnya.

Menurutnya, dari 25 paket pekerjaan terdiri atas 17 pening­katan jalan, empat peningka­tan jembatan, satu pembuatan saluran drainase yang berada di ruas jalan Babakanmadang- Sukamantri dan tiga paket yang untuk pembuatan dinding pena­han tanah yang tersebar di tiga wilayah berbeda.

“Untuk Cilebut-Ciatayam, banyak spotnya tidak hanya disatu titik. Mulai dari 2.300 kilometer sampai dengan 3.600 kilometer, 5.700 kilometer sam­pai dengan 5.809 kilometer dan 6 kilometer pengerjaanya sampai dengan 6.5 kilometer,” tukasnya.

“Semua jalan yang ditingkat­kan itu masuk dalam kategori rusak berat, sehingga perlu di­betonisasi,” tambahnya.

Sedangkan untuk wilayah yang paling banyak rusak, kata dia, yakni Tajurjalang dan Bo­jonggede. “Berdasarkan infor­masi, ada galian tanah disana buat perumahan yang membuat jalan akhirnya cepat rusak kare­na kelebihan beban,” tuturnya.

Tak hanya itu, proyek be­tonisasi jalan di Kabupaten Bo­gor juga akan dilakukan di Jalan Cipayung Jaya-Arco yang men­ghubungkan dua kecamatan yakni, Kecamatan Tajurhalang dan Parung. Proyek betonisasi jalan ini menelan anggaran Rp 8,2 miliar dengan panjang 4,4 kilometer dengan waktu penger­jaam 150 hari kalender.