bumi_2355168aJAKARTA, Today — PT Bumi Resources Minerals Tbk op­timistis kinerja perusahaan bisa membaik di tahun depan. Perbaikan kinerja in akan dis­umbang oleh PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang sebagian sahamnya dikuasai oleh perusahaan.

Emiten berkode saham BRMS sendiri masuk ke Newmont melalui perusa­haan patungan yang didiri­kan bersama PT Daerah Maju Bersaing. Perusahaan patungan yang diberi nama Multi Daerah Bersaing alias MDB ini diketahui memiliki 24% saham Newmont.

“Memang waktu 2014, Newmont almost zero pro­duction (hampir tak ber­produksi sama sekali). Kare­na enggak dikasih ekspor lisensi. Tapi sekarang pemerintah sudah kasih ekspor lisensi, sehingga sudah bisa ekspor,” ujar Investor Relations BMRS, Herwin W Hidayat di Avara Longue, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Kepercayaan diri ter­hadap kontribusi NNT itu bukan tanpa alasan. Ia me­nyebut saat ini pihaknya memiliki fasilitas pinjaman sekitar USD 400 juta atau Rp 5,48 triliun dalam ben­tuk project financing alias pembiayaan proyek di tam­bang Newmont Nusa Teng­gara.

“Sekarang malah kami dapat cetak laba. Ini ses­uatu yang tidak bisa di­jawab secara jelas, ini me­mang harus dibantu oleh investor. Tidak fair juga di­kaitkan kinerja perusahaan lain,” kata dia.

Berdasarkan data kinerja perusahaan di keterbukaan informasi PT Bursa Efek In­donesi (BEI), BRMS membu­kukan rugi bersih USD 17,8 juta atau setara dengan Rp 231,4 miliar (Kurs Rp 13.000/ USD) pada kuartal I/2015, membengkak 35% dari rugi periode yang sama tahun sebelumnya USD 13,17 juta atau Rp 144,8 miliar (kurs Rp 11.000/USD di 2014).

(Al­fian M|dtc)