BOGOR TODAY – Bupati Bogor Ade Yasin mengusulkan beberapa program pekerjaan di Kabupaten Bogor kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atau Kopdar yang dilaksanakan di Istora Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/2020).

Dari informasi yang diterima wartawan di Cibinong, Ade Yasin mengusulkan pembangunan rumah khusus di wilayah terdampak bencana di Kabupaten Bogor sekitar 1.000 unit rumah.

“Anggaran yang kita butuhkan sekitar Rp50 miliar untuk pembangunan rumah khusus ini. Belum lagi untuk pembangunan infrastruktur jalan di wilayah terdampak bencana,” kata Ade Yasin.

Tak hanya itu, hampir di setiap kesempatan Kopdar bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ade Yasin juga selalu mengusulkan soal rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah Utara Kabupaten Bogor.

Menurutnya, saat ini dengan empat rumah sakit yang dimiliki Kabupaten Bogor yakni RSUD Cibinong, Leuwiliang, Ciawi dan RSUD Cileungsi, belum dirasa maksimal. Utamanya karena jarak dan luas wilayah yang besar. Dimana jangkauan masyarakat di wilayah pelosok Kabupaten Bogor masih terbatas.

“Empat RSUD yang kita punya mewakili semua daerah. Untuk wilayah tengah itu ada RSUD Cibinong, lalu di wilayah barat ada RSUD Leuwiliang. Di wilayah Selatan ada RSUD Ciawi dan Timur ada RSUD Cileungsi. Tinggal di wilayah utara yang kita belum punya,” jelas Ade Yasin.

Sementara, usai menerima semua usulan kepala daerah di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil atau Emil mengatakan jika tahun ini Pemprov Jawa Barat memgalokasin bantuan untuk pembangunan di daerah sebesar Rp7 triliun. Ia pun meminta daerah untuk melakukan pelelangan proyek dengan cepat agar tidak terjadi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA).

“Semua yang disampaikan oleh kepala daerah tadi direkap oleh Bappeda. Deri semua usulan dan kurang lebih kita butuh Rp10 triliun. Tinggal sisanya Rp3 triliun yang harus kita pikirkan,” kata Emil. (Firdaus)