CIBINONG TODAY – Disaksikan puluhan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, dilantik langsung Bupati Bogor Ade Yasin (AY) dan disumpah Alquran, Burhanudin resmi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Bogor.

Burhan – sapaan akrabnya – terpilih setelah lulus tes lelang jabatan terbuka atau open bidding bersama dua pejabat lainnya yakni, Syarifah Sofiah dan Deni Ardiana. Terlebih, Burhan sebelumnya juga telah menjabat sebagai pelaksana harian (Plh) Sekda, menggantikan Adang Suptandar.

“Selama kurang lebih 5 bulan, saya juga memperhatikan kinerjanya (Burhan, red). Dan saya pikir pemilihan Pak Burhan juga melalui banyak pertimbangan,” kata Ade Yasin usai melantik Burhan.

Selain itu, Burhan dinilai sebagai pejabat yang fleksibel dalam berkomunikasi baik secara internal pemerintahan di Kabupaten Bogor maupun eksternal. Hal ini dinilai Ade Yasin sebagai modal yang kuat untuk membantu dan membawa roda Pemkab Bogor ke arah yang lebih baik.

“Untuk menjadi Sekda, cerdas saja tidak cukup, tapi juga harus bisa memainkan perannya dengan semua pihak internal maupun eksternal,” jelasnya.

Dilihat dari pengalaman kerjanya, sebelum menginjakkan kaki ke Kabupaten Bogor, Burhan terlebih dulu menjadi ajudan Gubernur Jawa Barat, Raden Nana Nuriana sekitar tahun 1993-1998.

Saat kembali dan beberapa lama di Kabupaten Bogor, Burhan menjabat sebagai Camat Klapanunggal, Camat Cariu dan Camat Citereup sebelum menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan.

Tak sampai di situ, Burhan juga diangkat sebagai Kepala Dinas Tata ruang sebelum akhirnya menjabat Asisten Pemerintahan Kabupaten Bogor hingga akhirnya dilantik sebagai Sekda definitif.

Sebelum diputuskan, Pemkab Bogor terlebih dulu mengajukan pelantikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa bulan lalu. Namun Pemkab baru bisa melaksanakan pelantikan dan menentukan Sekda definitif kemarin, setelah mendapat rekomendasi pelantikan.

Sekedar diketahaui, Burhan dilantik bersama dengan dua pejabat fungsional utama, yakni dr. Miko Galastri dan dr. Bertha Hotmari Gultom sebagai dokter ahlo utama di RSUD Ciawi. (Firdaus)

loading...