SUKARAJA TODAY – Sebanyak 3600 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Bogor mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) di Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor yang dibuka langsung Bupati Bogor, Nurhayanti.

Bupati Bogor mengatakan, meskipun Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat, namun memiliki kader – kader palang merah remaja dan relawan yang andal untuk memperkuat sistem kesiapsiagaan bencana serta menghadapi setiap ancaman bencana.

“Yakinkan semua pihak, bahwa kalian merupakan figur – figur yang berani maju ke garda terdepan dalam setiap peristiwa penanggulangan bencana serta mampu menggerakkan partisipasi masyarakat terlibat secara aktif dalam upata kesiapsiagaan bencana dan pengurangan resiko bencana,” ujar Nurhayanti, Rabu (15/11/2017).

Sebagai sarana pertemuan akbar antara anggota palang merang remaja mula,  madya dan wiea se-Kabupaten Bogor, kegiatan Jumbara harus mampu memperluas kebermanfaatan kegiatan kepalangmerahan,  mempertajam pembangunan karakter dan menguatkan jejaring PMR di semua jenjang sekolah se-Kabupaten Bogor.

“Sejalan dengan harapan tersebut, tentunya bagian yang terpenting dari kegiatan ini adalah bertumbuhnya semangat kepedulian sosial dan kemanusiaan,  karena melalui aktivitas kepalngmerahan,  generasi muda kita terlatih sejak dini untuk membantu sesamanya,” katanya.

Nurhayanti meminta kepada anggota PMR untuk menunjukkan kualitas sebagai generasi muda yang tanggap, cerdas dan berjiwa relawan serta memahami prinsip – prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah.

“Sehingga akan selalu siap bersumbangsih dalam wadah palang merah Indonesia, baik berupa penyelamatan lingkungan, dapur umum, evaluasi, maupun tindakan tindakan medis yang sederhana dalam pertolongan pertama,” pungkasnya. (Firdaus)

loading...