BOGOR TODAY – Mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang sudah masuk ke Kota Bogor tak mempengaruhi tugas pemadam kebakaran (Damkar). Justru dengan adanya virus tersebut petugas Damkar tetap siaga menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait bencana kebakaran.

Hal itu, diungkapkan Kepala Bidang Penyelematan dan Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Marse Hendra Saputra saat ditemui di Mabes Damkar Kota Bogor, Jalan Pajajaran Sukasari, Senin (23/3/2020).

“Pelayanan tetap kita laksanakan, untuk jam kerja tidak ada yang dikurangi karena kami selalu siaga 24 jam,” kata Marse.

Meski begitu, pihaknya memberikan kebijakan kepada porsonil yang kondisinya kurang sehat atau sedang sakit untuk istirahat.

“Semua petugas harus siaga memberikan pelayanan 24 jam, kecuali bagi personil yang kondisinya sedang sakit kami tidak mewajibkan untuk bertugas atau kami suruh istirahat di rumah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Marse, kegiatan-kegiatan yang rutin seperti penyuluhan kepada sekolah-sekolah untuk sementara ditiadakan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Petugas yang biasa memberikan penyuluhan itu kami berhentikan dulu sementara. Semua kunjungan TK, PAUD yang biasanya datang ke kami itu kami hentikan, kemudian penyuluhan yang mengungan banyak orang itu juga kami tiadakan. Tapi siaga untuk penyelamatan kebakaran tetap berjalan seperti biasa,” pungkasnya. (Heri)

loading...