Persiba-Balikpapan-Tekuk-Martapura-FC-3-2-di-Piala-Presiden.BANDUNG, TODAY-Persib Bandung tak mengincar target muluk-muluk saat melakoni laga tandang melawan Persiba Balikpapan dalam lanjutan In­donesia Soccer Championship (ISC), di Stadion Persiba Balikpapan, Sabtu (21/5/2016). Di markas tim berjuluk Beruang Madu itu, Maung Bandung hanya mentargetkan curi poin.

“Target kita curi poin. Kalau bisa curi 3 poin. Tapi saya lihat Persiba adalah tim yang agresif dan nanti akan berlangsung pertandingan berat,” kata Dejan kepada wartawan di Lapan­gan Footballplus.

Menurutnya dalam tur ke Kaliman­tan Timur, timnya akan menjaga fokus seperti halnya melawan Pusamania Borneo FC. Dengan tampil di markas lawan, peluang merebut kemenangan memang bukan perkara mudah.

“Tapi kita harus optimis bisa mem­bawa pulang kemenangan. Tim akan berjuang maksimal dan tampil seperti dengan strategi yang sudah kita siap­kan,” ujarnya.

Dejan Antonic pun membawa 21 pasukan terbaiknya untuk mencuri poin dan menjaga posisi mereka di papan atas klasemen. Dia memboy­ong pemain yang punya kondisi pal­ing baik dan menampilkan etos kerja mumpuni selama latihan. Susunan pe­main yang ikut tidak banyak berubah seperti saat berkunjung ke Samarinda 2 pekan lalu.

Hanya penambahan Jajang Suk­mara ke dalam tim yang membeda­kan komposisi skuat Maung Bandung kali ini. Beberapa pemain yang masih dalam tahap pemulihan seperti Febri Hariyadi, Rachmad Hidayat dan Zul­ham Zamrun disimpan Dejan di Band­ung. Pemain anyar Sergio van Dijk juga diberi waktu untuk istirahat lebih panjang oleh sang pelatih. Meski mer­eka tetap diwajibkan menjaga kondisi dengan berlatih individu.

“Kita bawa 21 orang ke Balikpapan, sisanya dia latihan sendiri di sini (Band­ung) tapi engga dengan pelatih. Nanti ka­lau kita semua kembali ke Bandung kita semua ikut latihan,” tutur Dejan di ban­dara Husein Sastranegara, Kamis (19/5).

Dejan berharap mampu memba­wa oleh-oleh seminimalnya 1 poin ke Bandung. Namun dia tetap memburu kemenangan jika ada kans untuk kem­bali dengan angka penuh. “Ada banyak faktor ke game kita tergantung dari lapangan, cuaca dan lain. Kita optimis bisa curi poin, bagus kalau main kelu­ar Puji Tuhan kita bisa menang dan itu yang paling bagus,” tukasnya.

Mengintip peta kekuatan Persiba, Dejan melihat tim dengan julukan Beruang Madu itu memiliki materi pe­main berkualitas. Selain itu, kata dia, para pemain muda yang dimiliki coach Jaino Matos juga selalu tampil agresif.

Hanya saja, dari dua laga yang dia­mati Dejan, Persiba selalu bermain kasar. Seperti ketika menghadapi Are­ma Cronous, sampai berujung cedera serius Christian Gonzales dan Dendi Santoso. Lalu ketika melawan PBFC, Beurang Madu kembali menelan ko­rban, Aang Suparman yang sampai dibawa ke rumah sakit.

“Saya dengar info dari teman-te­man di Arema, banyak pemain yang cedera. Saya nggak suka sepak bola yang seperti itu,” kata dia.

Meski begitu, Dejan tak gentar un­tuk berhadapan dengan Persiba. Pela­tih berkebangsaan Serbia ini mengaku sudah menyiapkan strategi khusus guna meredam permainan kasar skuat Beruang Madu.

“Kita harus siap dan persiapkan yang bagus. Nanti pasti pertandingan panas dan berat. Tapi kita harus siap kalau mau perang,” pungkasnya.

Antisipasi Permainan Keras Persiba

Pelatih Dejan Antonic meminta para pemainnya untuk berhati-hati saat meng­hadapi permainan keras Persiba Balikpa­pan, pada Sabtu 21 Mei 2016, di Stadion Persiba, Kalimantan Timur. Menurut Dejan, meski menekankan anak asuhnya untuk berhati-hati pihaknya sudah siap mengantisipasi permainan lawan.

“Harus hati-hati (menghadapi per­mainan keras lawan). Tapi kita sudah persiapkan tim jadi kita sudah tahu style mereka,” tutur Dejan di Bandara Husein Saatranagara, Kota Bandung, Kamis 19 Mei 2016.

Menurut Dejan, dengan pengala­mannya bertanding di Kalimantan saat menghadapi Pusamania Borneo FC, setidaknya pihaknya sedikit memiliki gambaran kekuatan Persiba Balikpa­pan. Dejan menilai, kekuatan Persiba dan PBFC tak jauh berbeda.

“Saya pikir kami sudah ada ex­perience dari pertandingan Borneo. Kekuatan mereka hampir sama jadi tidak ada intruksi khusus di pertandin­gan nanti,” tuturnya.

Dejam menambahkan, pada laga ini pihaknya mengincar poin. “Semoga kami bisa mendapatkan poin disana,” tandasnya.

(Imam/net)