BOGOR TODAY – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim meninjau hari pertama pelaksanaan program WiFi Publik gratis dalam menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi pelajar di Majelis Ta’lim RT02, RW05, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin (21/9/2020).

Terlihat para siswa SMP mengikuti mata pelajaran Sejarah dengan mempergunakan WiFi gratis. Dalam kesempatan itu, Dedie didampingi Camat Bogor Barat, Juniarti Estiningsih dan Lurah Marga Jaya, Yudi Maryudi Somiki.

“Kita berharap dengan diluncurkan WiFi publik untuk PJJ, para siswa yang memiliki kesulitan dalam mengakses internet menjadi lebih terbantu, khususnya bagi para orang tua yang juga mengalami kesulitan dari sisi pembiayaan pembelian kuota,” kata Dedie.

Lanjut Dedie, ini bisa juga digunakan untuk belajar kolektif secara terbatas dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kedepan hal yang harus diperhatikan dan perlu perbaikan adalah konten dari kegiatan PJJ.

“Kegiatan belajar secara daring diharapkan juga tidak membebani para siswa dengan banyaknya tugas pelajaran, mengingat kondisi yang ada masih darurat. Jadi harus menyesuaikan. Belajar di lingkungan rumah dengan belajar di lingkungan sekolah itu berbeda, intinya kita memberikan kemudahan akses bagi para siswa untuk bisa mengikuti kegiatan belajar melalui daring dan luring (luar jaringan),” ujarnya.

Untuk pengawasan dan penggunaan WiFi publik, khususnya di kelurahan zona hijau atau putih siswa yang diizinkan berjumlah 30 orang. Sementara untuk zona merah hanya 10 orang.

Saat disinggung mengenai hingga kapan program WiFi Publik dimanfaatkan untuk PJJ, Dedie menyatakan akan tetap menjadi prioritas di tahun 2021 mengingat kondisi pandemi Covid-19. “Sebelumnya prioritasnya adalah kesehatan, dampak sosial dan pemulihan ekonomi. Sekarang ditambah yang keempat, yakni sektor pendidikan. Insya Allah sektor pendidikan masuk prioritas penanganan pandemi Covid-19,” tandanya. (Heri)