aSering kali kita mengalami bau mulut meskipun sudah berkali-kali gosok gigi dan rajin ke kontrol ke dokter gigi, tetapi banyak orang kurang menyadari banyak kasus bau mulut justru terjadi lantaran kita dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Selain menimbulkan rasa tak nyaman, bau mulut juga bisa bikin ses­eorang jadi tak percaya diri. Jika Anda tak mau berurusan dengan bau mulut, sebisa mungkin cukupi kebutuhan cairan tubuh den­gan cukup minum air putih.

Mengapa demikian? Pakar kesehatan gizi Cassandra Barns men­gatakan bahwa tanpa disadari dehidrasi adalah salah satu faktor pe­nyebab yang paling umum dari bau mulut.

Jika Anda termasuk kategori orang yang gemar minum kopi, tapi justru malas minum air putih, Anda berisiko tinggi mengalami dehidrasi yang akan berujung pada bau mulut.

“Air liur kita adalah antiseptik alami dan memainkan peran penting dalam mem­buang sisa-sisa partikel makanan yang terselip di celah gigi. Seperti diketa­hui, sisa makanan seperti ini kan bisa membusuk dan menimbulkan bau mulut. Agar tubuh bisa meng­hasilkan cukup air liur, tentu cai­ran tubuh harus cukup juga,” papar Barns.

Ia melanjutkan, jika Anda tak memberikan tubuh cu­kup asupan air putih maka mikroba dalam mulut akan ‘memakan’ sisa-sisa par­tikel makanan tersebut dan mengakibatkan munculnya bau mulut yang tak sedap.

Selain masalah dehidrasi, Barns menyebutkan bahwa bau mulut juga bisa berasal dari sistem pencernaan.

“Jika saluran pencernaan Anda lamban atau Anda memiliki masalah pada usus maka Anda juga berisiko mengalami bau mulut. Terutama di pagi hari,” imbuh Barns.

Menurut Barns, ketidakseimban­gan antara bakteri baik dan buruk dalam usus, serta kelebihan gas dalam tubuh dapat menjadi penyebab munculnya ma­salah ini. Untuk mence­gahnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi cukup probiotik, yang biasanya akan lang­sung menargetkan bakteri-bakteri pe­nyebab masalah tersebut. (NET/ ed:Mina)

 

loading...