JAKARTA TODAY — Juara MotoGP 2019Marc Marquez yakin Valentino Rossi masih mampu bersaing di MotoGP dan tidak segera pensiun.

Pebalap Repsol Honda itu menilai Rossi masih diperhitungkan untuk bersaing di posisi terdepan meski usianya sudah 40.

The Doctor sendiri belum satu pun memenangkan podium pertama sejak MotoGP Belanda 2018 hingga saat ini. Meski demikian, Marquez yakin Rossi masih termotivasi di MotoGP.

“Jika dia melanjutkannya [membalap di MotoGP] dia bisa melakukannya. Di Malaysia, dia bersaing untuk memperebutkan podium. Apa yang dia lakukannya sungguh luar biasa.”

“[Pebalap] generasi berikutnya telah muncul, tapi namanya tetap hadir. Bersaing dengan pebalap berbeda dengan perbedaan gaya pula, Rossi masih bisa bersaing,” kata Marquez kepada La Gazzetta dello Sport dikutip dari Tuttomotori.

Marquez mengaku kagum dengan Rossi bukan hanya karena masa-masa kejayaannya. Di masa-masa mendekati pensiun, The Doctor masih diperhitungkan di MotoGP.

“Seorang pembalap hebat ditentukan dari lompatan hebat dan sejauh mana bisa meraih poin maksimal. Dan pada masa-masa mendekati akhir karier, mengalami penurunan [prestasi] semulus mungkin.”

“Valentino [Rossi] melakukan itu, masa-masa turunnya [dari pebalap nomor satu dunia] sangat manis. Motivasinya masih tersisa penuh,” ucap Marquez.

Seperti yang dikutip oleh Liputan6.com, sementara itu, mantan pebalap MotoGP Max Biaggi menyarankan Rossi mengalihkan kariernya ke ajang Superbike jika sudah selesai di MotoGP

“Sebelum semua antusiasme ini berakhir dan Anda belum merasakan kesulitan, hingga masanya Anda lelah, kenapa tidak [tampil di ajang Superbike.”

“[MotoGP] ini adalah tempat yang sangat indah. Semua pebalap ingin sekali tampil di trek dan bersaing. Ketika sudah gagal, tentu harus mencoba hal lain,” ujar Biaggi.

Live streaming MotoGP Valencia 2019, 17 November mendatang, bisa disaksikan melalui di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan disiarkan Trans7. (Anata/PKL/net)

loading...