BIREUEN TODAY – Seorang pria berperawakan tinggi mengenakan kaos hitam terekam CCTV di masjid Jamik Peusangan, Bireuen, Aceh. Dengan membawa kayu balok lalu ia merusak beberapa fasilitas di dalam masjid.

Video berdurasi singkat itu baru tersebar dan viral di sosial media. Belakangan diketahui pria berinisial SY (22) itu mengalami gangguan jiwa. Dalam video tersebut SY masuk ke dalam masjid lalu mengayunkan kayu di tangannya ke arah lampu dan kipas angin. Sejumlah lampu rusak dan pecah berhamburan.

Para jemaah yang ada di dalam masjid tampak menghindar. Beberapa jemaah yang sedang salat kaget sehingga harus menghentikan ibadahnya. Namun ada juga yang tetap khusyuk salat karena posisinya di pinggir, tidak terlalu dekat dengan SY.

Di dalam rekaman itu SY tampak tidak melukai para jemaah. Dia terlihat mengacuhkan teguran para jemaah dan tetap mengayun-ayunkan kayu di tangannya.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, mengatakan pihaknya telah menangani peristiwa itu. Keluarga SY juga sudah dimintai keterangan, dan menyebut pria tersebut mengalami gangguan jiwa.

“Pengrusakan itu terjadi pada Jumat (15/11/2019) sekitar pukul 05.00 WIB, pria tersebut ternyata mengalami gangguan kejiwaan,” ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Gugun mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan fasilitas yang rusak akibat pria tersebut ialah lampu hias masjid dan kipas angin. Setelah kejadian itu atas inisiasi Polsek Peusangan, pengurus masjid kemudian mediasi dengan pihak keluarganya.

“Hasil mediasi tersebut SY akan di bawa ke RS Jiwa Bireuen untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif,” pungkasnya. (net)