XPB_790976_HiResFRANKFURT– Manor Racing masih memberi kesempatan kepada Rio Haryanto untuk mengikuti Formula One (F1) GP Jerman di Sirkuit Hock­enheimring, Minggu (1/8/2016). Di­percaya, GP Jerman merupakan seri terakhir bagi Rio duduk dalam kok­pit jet darat F1.

Rio terancam terhenti di tengah kompetisi Formula 1 2016 akibat ma­salah dana. Ia mesti melunasi pem­bayaran sekitar 7 juta euro yang sejauh ini belum terkumpul. Nota­benenya, deadline pelunasan dana Rio sudah berakhir hingga akhir Juni kemarin.

Namun Manor Racing masih memberi kelonggaran selama sebu­lan. Artinya, nasib Rio bakal ditentu­kan jelang bertarung di GP Jerman, Minggu (31/7/2016). Beberapa waktu setelah berlaga di GP Hungaria, Rio sempat berujar nasibnya akan diten­tukan setelah GP Jerman.

“Lihat saja nanti. Kami akan me­lihatnya. Jika anda melihat saya di Hockenheim, maka saya kira bisa mengamankan tempat untuk satu musim penuh,” katanya.

Di tengah ketidakpastian nasib­nya, Rio sudah berada di Frankfurt untuk persiapan berlaga di seri bal­ap ke-12 musim ini. Dalam postingan foto yang diunggah Manor Racing, pebalap 23 tahun mendapat sambu­tan meriah dari pejabat Indonesia di sana.

Menilik ucapan Rio, maka angin segar berhembus dengan harapan balapan semusim penuh bisa dile­watinya. Namun, situs Crash, Rabu (27/7/2016) menilai, belum ada jami­nan pasti untuk status Rio sebab dana yang dibutuhkan masih belum terkumpul sejauh ini.

Terlebih, beberapa nama pem­balap lain sudah bermunculan yang diisukan bakal jadi pengganti Rio. Setelah nama pembalap McLaren, Stoffel Vandoorne, adapun pembal­ap pengembang Manor Racing yakni Jordan King, disebut-sebut jadi pem­balap Manor selanjutnya.

Manajer Rio, Piers Hunnisett, akhirnya mengonfirmasi kepastian nasib Rio di Formula 1. “Rio akan tetap membalap akhir pekan ini,” jawab Hunnisett dalam pesan sing­kat dilansir detikSport.

“Manor Racing dan tim manaje­men Rio akan terus berusaha men­cari dana agar Rio bisa berkompe­tisi sampai musim selesai. Sekarang, Rio bisa fokus dan mengerahkan konsentrasinya untuk balapan akhir pekan ini,” kata Hunnisett lagi.

Manor Enggan Berpisah

Manor Racing sendir memiliki rencana A yakni mempertahank­an pembalap berkebangsaan Indonesia, Rio Haryanto. Tim balap asal Ban­bury, Inggris ingin memper­tahankan Rio hingga akhir musim.

Sebelumnya pada saat GP Hungaria akhir pekan lalu, beredar kabar jika Stof­fel Vandoorne dan Jordan King di­anggap sebagai pebalap terfavorit untuk menggantikan Rio. “Rencana A kami adalah untuk menjaga Rio Haryanto bersama kami hingga akhir musim. Meski demikian, kami masih memiliki pilihan lain, jika rencana ini tidak ber­jalan,” tutur kepala Tim Man­or, Dave Ryan, sebagaimana diwartakan Sportsmole, Rabu (27/7/2016).

Hingga balapan ke-11 di Sirkuit Hungarioring, Rio Haryanto belum juga memberikan poin untuk Manor. Pada balapan itu, ia hanya mampu finis di urutan ke-21 dan berselisih dua putaran dengan sang juara yakni L e w i s Ha m i l ­ton. (Ri­shad/ Net)

loading...