c2be5ed0dad823483af084e1c2f8bbefbuming_Raka___Selvi_Ananda_Putri_14-4-2015_M.AkromProsesi acara tetembungan atau lamaran putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Raka­buming Raka digelar Sela­sa(9/6/2015). Keluarga Presiden berjalan kaki menuju rumah Selvi Ananda, calon pengantin putri, yang hanya berjarak 200 meter dari rumah pribadi Presiden Jokowi di Solo.

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

KHUSUS acara tetembungan ini, Presiden Jokowi tak melaku­kan sendiri. Keluarga besar Presiden menunjuk Setyawan Prasetyo, mewakili keluarga, ‘nembung’ atau meminta Selvi Ananda untuk diper­sunting Gibran. “Yang me­wakili lamarannya Gibran saya, tapi Pak Jokowi dan Ibu Iriana dijadwalkan tetap hadir dalam proses lamaran,” kata Setiawan Prasetyo di Solo, Sela­sa(9/6/2015) malam. Acara lamaran berlangsung pukul 19.00 WIB. Setyawan Prasetyo adalah paman Jokowi. Ia adalah adik bungsu Ibu Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo. Su­jiatmi dan Setyawan, tiga bersaudara. Kakak sulung mereka adalah Miyono, pemilik Roda Jati, pengusaha kayu dan mebel sukses di Solo, yang pernah menjadi mentor Jokowi menjadi pengusaha kayu.

Acara lamaran akan menjadi awal dari prosesi pernikahan putra sulung Jokowi ini. Rabu (10/6/2015) hari ini, dilakukan prosesi siraman di rumah kedua mempelai. Khusus di kediaman mempelai wanita, acara siraman akan dilanjutkan dengan sadean (jua­lan) dawet.

Malamnya, keluarga Jokowi akan kembali men­datangi kediaman calon besan untuk menyerahkan bingkisan atau seserahan. Acara dilanjut dengan prosesi midodareni di kediaman calon pengantin wanita.

Pada Kamis (11/6/2015), akan berlangsung akad nikah di Gedung Graha Saba. Akad nikah akan di­lanjutkan dengan temu pengantin. Selanjutnya, ke­luarga akan menerima tamu pada sesi siang sejak pukul 10.00 hingga 13.00. Sedangkan untuk malam harinya, keluarga mulai menerima tamu pada sesi malam sekitar pukul 18.30 hingga selesai.

Dipingit di Hotel

Tiba di kediaman orang tuanya di Jalan Kutai Gang VII Nomor 1 Sumber, Solo, kemarin petang, Selvi Ananda ditemani kakak dan kerabatnya.

Mengenakan kemeja kotak-kotak dan celana jeans, calon pengantin perempuan ini langsung me­masuki rumah tanpa bercengkerama dengan awak media yang menunggunya di sekitar halaman. Selvi tiba di rumah dari hotel tempat dia “disembunyikan” menjelang acara lamaran.

“Sesuai tradisi Jawa, sekarang Selvi dipingit, di­umpetin dulu di hotel,” kata paman Jokowi, Setiawan Prasetyo, di Solo, Selasa (9/6/2015).

Setiawan mengatakan Selvi sengaja disembunyi­kan di hotel karena kediaman orang tuanya di Jalan Kutai Raya VII, Sumber, Solo, banyak disambangi warga dan wartawan. “Dia dipingit di hotel daripada di rumahnya banyak yang mengerubungi. Biar bisa konsentrasi,” kata Setiawan.