ppdb-(9)BOGOR TODAY – Menjelang berakhirnya tahun ajaran 2015/2016, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor kembali ber­siap-siap menghadapi agenda Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Untuk pendaftaran calon peserta didik baru tingkat SMA/SMK dari jalur non akade­mis rencananya dilaksanakan mulai 28-31 Mei 2016. Sedangkan untuk jalur akademis pendaf­taran dilaksanakan pada 27-29 Juni 2016. Pendaftaran untuk tingkat SMP dilaksanakan pada 30 Juni hingga 2 Juli 2016.

”Seperti tahun-tahun sebe­lumnya yang kita semua ke­tahui, usai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kita harus ber­siap diri menghadapi agenda pendaftaran siswa baru,” kata Sekretaris Pendidikan Kota Bo­gor Fakhrudin di ruangannya, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Ka­mis (19/5/2016).

Untuk pelaksanaan PPDB Ta­hun 2016 merupakan penyem­purnaan dari pola dan sistem PPDB 2015, Untuk SMA/SMK Negeri pendaftaran dilakukan secara online dengan meng­gandeng Telkom melalui situs www.kotabogor.siap-ppdb. com. Sementara untuk tingkat SMP, baru satu sekolah yang melaksanakan PPDB Online, yaitu SMPN 1 Kota Bogor. “Un­tuk pendaftaran SD dilakukan pada 20 hingga 23 Juni 2016.” papar Fahmi.

Lebih rinci, Fahmi sapaan akrab Fakhrudin menjelaskan, pada PPDB 2016, kuota jalur akademis (UN) paling kurang 70 persen dari daya tampung dan untuk jalur non akademis 30 persen. Dari 30% jalur non akademis, sebanyak 20% dipe­runtukan bagi keluarga miskin miskin, anak kandung dari tena­ga pendidik dan kependidikan serta anak berkebutuhan. Si­sanya 10% untuk jalur prestasi.

“Namun secara umum kuota yang disediakan 90 persen dari daya tampung diutamakan bagi warga Kota Bogor.” lanjut Fahmi.

Fahmi menambahkan untuk penilaian calon peserta didik yang melalui jalur prestasi akan dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan bekerjasama den­gan pengcab olahraga dan stake­holder sepert Kwarcab, PPI dan yang lainnya.” Jadi tidak hanya SDM di sekolah tapi juga bersa­ma ahlinya,” tegasnya.

(Abdul Kadir Basalamah)