ca8a0363-f87d-4bc6-ba6a-307201e6ff3b_169MADRID – Novak Djokov­ic terus mengukuhkan dirinya sebagai raja tenis usai petenis Serbia itu Andy Murray dalam Fi­nal Madrid Open 2016 di Caja Magica, Minggu (8/5/2016) dinihari WIB. Joker mengandasakn juara bertahan asal Inggris itu tiga set 6-2, 3-6 dan 6-3.

Djokovic menyudahi per­lawanan Murrar dalam durasi dua jam delapan menit. Di set pertama, Djokovic langsung melakukan break point di game pertama. Set pertama ini ber­jalan cukup singkat dalam durasi 32 menit. Djokovic melakukan dua kali break point un­tuk menang 6-2.

Di set kedua, Murray bisa bermain lebih ba­gus. Dia melakukan satu break point saat gim keempat, hingga unggul 1-3. Set ini berakhir dengan skor 6-3 untuk kemenangan Murray.

Di set ketiga, Djokovic mampu bermain bagus di gim kesembilan. Sempat ketinggalan 0-40, bisa merebut set setelah melalui enam kali deuce. Djokovic memetik kemenangan dengan skor 6-3.

Dengan kemenangan ini, Djokovic kini memegang rekor sebagai pemegang gelar juara single ATP Master 1000 terbanyak den­gan jumlah 29 trofi. Dia melewati raihan Ra­fael Nadal yang mengoleksi 28 gelar juara.

Akibat kekalahan ini, Murray harus ke­hilangan posisi dua ranking dunia karena digeser oleh Roger Federer.

Sementara di sektor puteri, Simona Ha­lep berhasil merebut gelar turnamen tenis Madrid Terbuka. Trofi tersebut direngkuh­nya setelah di final menang atas Dominika Cibulkova dua set langsung 6-2, 6-4.

Pada pertandingan di tempat yang sama, Halep berhasil mendominasi pertandingan. Petenis Rumania tersebut beberapa kali menuai angka dari upayanya mematahkan servis Cib­ulkova.

Kons i s tens i permainan bisa Halep terus pertahankan. Tak heran, meski mendapatkan perla­wanan di set kedua dari Cibulkova, Halep bisa mengunci kemenangan. “Saya sudah menduga kalau pertand­ingan akan ketat hari ini. Saya pikir akan mendapatkan kesulitan melad­eni pukulan dia. Nyatanya, saya lebih tanggu,” kata Halep dikutip situs resmi WTA.

Walau kalah Cibulkova yang tembus sampai babak final peringkatnya akan naik ke posisi 26. Dengan begitu, ia akan mendapatkan label unggulan di Pran­cis Terbuka. “Saya hanya ingin rehat dan mempersiapkan diri untuk Roland Garros (Prancis Terbuka). Saya bermain sedikit leb­ih agresif sejak awal tapi dia [Halep] benar-benar bermain bagus,” ucap Cibulkova.

Gelar ini adalah yang pertama bagi Ha­lep dalam dua final Madrid Terbuka. Sebe­lumnya, Halep harus puas dengan predikat runner-up usai dikalahkan Maria Sharapova di final 2014.

(Rishad/Net)