BOGOR TODAY – Dalam suasana pandemi covid-19, tidak menyurutkan semangat dan niat masyarakat maupun jemaah masjid untuk berqurban di Hari Raya Idul Adha 1441 hijriyah tahun 2020. Seperti di DKM Masjid Baitur Ridwan, yang berlokasi di Jalan Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, pada Idul Adha tahun ini menyembelih sebanyak 6 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di area Masjid Baitur Ridwan dan daging hewan qurban baik Sapi dan Kambing dibagikan kepada para jemaah serta masyarakat se-Kota Bogor. Ketua DKM Baitur Ridwan, Firman Sidik Halim mengatakan, proses penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. Daging qurban juga dibagikan dengan diantarkan ke rumah warga

Lanjut Firman, qurban 6 ekor Sapi berasal dari enam keluarga diantaranya atas nama keluarga Narendra, keluarga Gani Ghazali Akman, keluarga Pandapotan Harahap, keluarga Shafiq, Hisyam Farabi dan keluarga Rio Tirtakusuma. Sedangkan 7 kambing merupakan qurban dari Nadhira Nisrina, Hana Hairunnisa binti Firman Sidik Halim, Aqeela Fahira Sabrine binti Fajar Subarkah, Farando Hardhienata bin Hendradu Hardhienata, Faridah Handayasari binti Kasful Anwar, Syelly Fatyah binti Ahnad Fauzi, Djoko Perawibowo bin Soejito. Selama proses penyembelihan hewan qurban, dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi Sapi dan Kambing dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian oleh drh. Karisma Mardatillah.

“Daging qurban dibuat 2000 bungkus yang kemudian dibagikan kepada jemaah dan masyarakat diseluruh Kota Bogor. Pembagian daging diserahkan kepada para kordinator, hal tersebut untuk menghindari kerumunan warga,” jelasnya.

DKM Masjid Baitur Ridwan juga melaksanakan shalat Idul Adha yang diikuti sekitar 750 orang jemaah. Idul Adha dipimpin oleh Imam Ust Muhammad Husen, dan Khotib Drs. KH Sopian Sidik.

“Karena dilakukan pembatasan dan dijarak, jumlah yang shalat Idul Adha hanya 750 orang. Kami menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga jumlah jemaah juga disesuaikan dengan nomor jemaah sesuai kapasitas,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DKM Baitur Ridwan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan jemaah yang mempercayakan pemotongan hewan qurban di Baitur Ridwan. Semoga semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan menambah catatan amal soleh.

“Kita mengetahui bahwa kondisi sekarang belum normal dari covid-19. Kami ucapkan kasih kepada seluruh yang berqurban dan memberikan kepercayaan kepada DKM Masjid Baitur Ridwan. Kepada semua warga dan pengurus masjid atas dedikasinya, juga kepada para jamaah, masyarakat yang telah mempercayakan qurbannya di Masjid Baitur Ridwan,” tutupnya (Heri)